Soal Keluhan Pencemaran, Peternak Sebut Sepihak

Minggu, 03 Desember 2017  22:30

Soal Keluhan Pencemaran, Peternak Sebut Sepihak

Ilustrasi

BANYUWANGI (BM) – Sorotan keberadaan peternakan ayam potong di Dusun Cemara, Desa Balak, Kecamatan Songgon, dinilai sepihak. Pasalnya, lokasi peternakan yang tadinya dipersoalkan jauh dari pemukiman penduduk.

Muhsin, salah satu peternak mengatakan, sejak awal beroperasinya peternakan ayam potong hingga dikeluarkannya perizinan tanda daftar usaha peternakan rakyat dari Dinas Pertanian Kabupaten Banyuwangi tidak ada masalah.

“Beberapa waktu lalu memang sempat ada keluhan dari sejumlah warga karena dianggap mencemari lingkungan. Persoalan itu sebenarnya bisa diantisipasi dengan sistem manajemen terbaru tanpa menimbulkan pencemaran lingkungan,” katanya.

Koordinator peternak ayam, Nurholis menambahkan, ia sudah melakukan percobaan dengan pola peternakan melalui sistem postal. Terbukti, hasil yang direalisasikan sangat memuaskan sehingga yang dikatakan pencemaran lingkungan seperti bau dan lalat bisa diminimalisir.

Secara terpisah, Kepala Desa (Kades) Balak, Ribut Santoso mengakui, di wilayahnya memang ada pengelolaan usaha peternakan rakyat. Mengenai polemik yang belakangan muncul, dikatakan Ribut, dikarenakan banyak peternak yang tidak hadir saat dilakukan pertemuan. (edh/udi)




OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>