Bau Menyengat, Bekas Pembuangan Limbah Cair Diuruk Tanah

Kamis, 14 Desember 2017  22:59

Bau Menyengat, Bekas Pembuangan Limbah Cair Diuruk Tanah
BANYUWANGI(BM) – Pascapembuangan limbah pabrik milik PT. Banyuwangi Cannery Indonesia (BCI) ke perairan Selat Bali yang sempat mendapat sorotan banyak pihak, kini di sekitar tempat pembuangan limbah tersebut diuruk tanah.

Pengurukan bukan Cuma di lokasi pembuangan limbah. Beberapa kawsasan di sekitarnya yang berada di pinggiran pantai saat ini juga sudah tertutup urukan tanah hingga beberapa meter ke tengah perairan laut.

Sejauh ini, pihak managemant pabrik PT.BCI enggan memberikan keterangan erkait ksus pembuangan limbah yang dilakukan sembacaran ke perairan Selat Bali. Malahan, ada kesan mereka sengaja menutup-nutupinya.

Keberadaan PT BCI itu sendiri, sebenarnya hingga saat ini masih memunculkan pro dan kontra di kalangan warga sekitar. Terlebih, setelah mencuatnya kasus pembuangan l,imbah ke perioran Selat Bali bebreapa waktu lalu.

“Awal berdirinya pabrik pengalengan ikan itu sudah terjadi pro dan kontra, namun pada kenyataannya hingga saat ini masih tetap bisa beroperasi dan dari dinas terkait masih diberikan izin. Padahal, warga sekitar banyak yang mengeluhkannya,” ungkap seorang warga.

Mustofa, pengelola sekaligus perintis tanaman budidaya laut terumbu karang di sepanjang pantai perairan laut Bangsring, Watudodol, Kecamatan Wongsorejo mengatakan, ratusan terumbu karang miliknya mengalami kerusakan yang diduga kuat akibat pembuangan limbah cair PT. BCI.

“Selama ini pihakp abrik BCI membuang seenaknya ke perairan laut. Anehnya dari pihak dinas terkait terkesan ada pembiaran. Rata-rata pengelola cagar alam terumbu karang berpikir kerusakan diakibatkan dari faktor alam dan cuaca di perairan laut. Setelah dicermati kenyataannya terindikasi berpusat dari limbahc air PT BCI,” katanya.

Pengawasan Sumber Daya Kelautan Perikanan mengakui bila sejumlah pabrik yang berdekatan tidak jauh dari pantai membuang limbahnya ke perairan laut. (de/udi)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>