Ajarkan Demokrasi lewat Pilihan Ketua Osis

Senin, 05 Februari 2018  22:41

Ajarkan Demokrasi lewat Pilihan Ketua Osis
BATU (BM) – Berbagai upaya terus dikakukan pihak menejemen SMP Islam 01 Batu dalam memberikan pembelajaran karakter kepada para anak didiknya. Semisal, saat digelarnya pemilihan ketua osis (Pilwasis) untuk masa bakti 2018/2019.

Melalui momen pilwsasis itu, sekaligus diajarkan tentang cara berdemokrasi kepada para siswa. Beda dengan tahun sebelumnya yang menggunakan pola coblosan, kali ini proses pemilihan dilakukan dengan memasukkan stik ice cream yang sudah dicat hitam ke dalam kotak di bilik suara. 

"Siswa selesai memasukkan stik ke dalam bilik suara, mereka mencelup jari kelingking mereka di panitia tinta yang sudah tersedia. Semuanya dapat berjalan cukup tertib, aman dan terkendali," tutur Tia Subandi SPd, Kepala SMP Islam 01 Batu, Senin (5/2).

Menurut dia, proses pemilihan yang dilangsungkan di halaman sekolah itu tidak sampai mengganggu kegiatan belajar dan mengajar. Hal itu dikarenakan pelaksanaannya dilakukan secara bergiliran perkelas. Sesudahnya memberikan suaranya dengan cara memasukkan stik ice cream yang sudah dicat hitam ke dalam kotak di bilik suara, mereka langsung kembali ke kelas untuk melanjutkan kegiatan belajar dan mengajar.

"Di akhir kegiatan pilwasis pada jam pulang sekolah, panitia langsung mengadakan penghitungan suara secara terbuka di hadapan sekolah dengan disaksikan seluruh warga  SMP Islam 01 Batu yang diiringi elekton oleh peserta ekskul musik di ISABA, " pugkasnya. (eka/udi) 
 
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>