Kota Batu Raih WTP Ketiga Kalinya dari BPK

Selasa, 29 Mei 2018  21:18

Kota Batu Raih WTP Ketiga Kalinya dari BPK
BATU (BM) – Pemerintah Kota (Pemkot) Batu kembali mengukir prestasi. Kali ini, berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) berkat laporan hasil pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Raihan opini itu merupakan yang ketiga kalinya secara berturut-turut diperoleh kota berjuluk Swiss Kecil tersebut. Itu berarti, Pemkot Batu sukses mengukir hattrick dalam pengelolaan keuangannya mulai tahun 2015, 2016, dan 2017.

Penghargaan berupa penilaian opini WTP itu diterima langsung Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko di kantor BPK Perwakilan Jawa Timur di Sidoarjo, Jumat (25/5) lalu. Dewanti menerima reward tersebut didampingi Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo bersama 19 Wali kota dan bupati lainnya di Jatim.

Di antara mereka adalah Bupati Malang, Bupati Banyuwangi, Bupati Bondowoso, Jember, Jombang. Selain itu Bupati Kediri, Bupati Lamongan, Magetan, Mojokerto, Pacitan, Pamekasan, Sidoarjo, Situbondo. Lalu, Wali Kota Blitar, Wali Kota Kediri dan Wali Kota Surabaya.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko terlihat bangga dengan raihan prestasi tersebut. “Ini merupakan kerja keras dari semua pejabat di lingkungan Pemkot Batu,” kata dia saat didampingi Kabag Humas Pemkot Batu Santi Restuningsasi, Selasa (29/5).

Hal senada juga diungkapkan Wakil Wali Kota Punjul Santoso. Dia mengatakan bahwa Kota Batu kembali memperoleh predikat opini WTP untuk LHP anggaran 2017. Diakui dia memang ada saran dari BPK Perwakilan Jatim yang harus dilakukan Pemkot Batu. Namun, kata dia hal itu tak terlalu prinsip. “Perbaikan itu hanya administratif saja. Sebelum 60 hari kami yakin bisa menyelesaikan perbaikan administratif itu,” terang dia.

Setelah perbaikan tersebut selesai, tandas dia, langsung akan dibahas bersama DPRD. Hal itu lanjut dia untuk menetapkan Silpa (Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran) untuk bahan pembahasan KUA-PPAS.

Menurut politisi dari PDIP ini, dasar pembahasan Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD tahun 2018 berdasarkan Silpa dan KUA-PPAS. Karena itu, terang dia, dengan perolehan opini WTP untuk yang ketiga kalinya secara berturut-turut bisa menjadi pemicu semangat kerja agar lebih baik lagi. Sehingga, pembangunan di Kota Wisata Batu ini berdampak signifikan terhadap kesejahteraan rakyat.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Batu, Cahyo Edi Purnomo mengatakan, perolehan ini diharapkan mampu memberi motivasi kinerja untuk pejabat Kota Batu. Dia berharap pejabat tidak lupa pada catatan yang harus diperbaiki. “Syukurlah, selama tiga kali bisa dapat WTP berturut-turut. Tapi capaian ini harus menjadi acuan ke depan,” kata Cahyo. (adv/udi)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>