Pemkot Batu Bangun Rumah Pejuang Veteran

Kamis, 08 Februari 2018  22:36

Pemkot Batu Bangun Rumah Pejuang Veteran
BATU (BM) – Pemerintah Kota (Pemkot) Batu telah merealisasikan pembangunan rumah bagi para pejuang veteran di Kota Batu. Dari target sekitar 24 rumah, yang sudah jadi baru delapan unit rumah. Delapan rumah ini rampung dibangun sampai akhir 2017, dengan anggaran Rp 4,3 miliar.
 
Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman pada Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan Kota Batu, M Dakkir mengatakan, sisa pembangunannya nanti masih akan direncanakan di tahun 2018. "Tetap kami prioritaskan agar bisa dilanjutkan sisanya di tahun ini. Karena tahun ini seperti dipusatkan untuk pembangunan insfrastruktur," kata Dakkir, Kamis (8/2).
 
Tak hanya itu, di tahun 2018 ini apabila ingin dilanjutkan pembangunannya, masih harus memerlukan desain review. Ia menyebutkan, untuk membangun rumah bagi pejuang veteran ini spesifikasinya bisa dikatakan istimewa mulai dari keramiknya, atap, hingga struktur bangunannya.
 
Dikatakannya, karena untuk ditempati para pejuang veteran yang rata-rata berusia lanjut, bangunannya pun yang bisa menyesuaikan keadaan mereka. "Satu rumah untuk satu KK (kepala keluarga). Bagi yang sudah tidak memiliki keluarga. Semisal keluarganya jauh, atau hanya tinggal berdua tetapi numpang," imbuh Dakkir.
 
Ukuran rumah untuk pejuang veteran ini ialah 7 meter x 8 meter. Namun, delapan rumah yang sudah jadi itu masih belum bisa ditempati. Karena akan diserahkan terlebih dahulu ke bidang aset untuk pendataan.
 
Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, menambahkan pembangunan rumah untuk pejuang veteran ini untuk menghargai bagi para pejuang veteran. "Dari Ketua Veteran Kota Batu ini bukan mengeluh, tetapi mereka curhat, kasihan bagi veteran yang tidak punya rumah. Harus numpang di rumah sanak saudaranya. Maka dari itu, kenapa tidak kami berikan hal yang membantu mereka," ungkap Punjul.
 
Rumah untuk pejuang veteran ini ada di Jalan Hasan Halim, Kelurahan Sisir, Kota Malang. Punjul menegaskan, untuk siapa yang akan menempati rumah ini diserahkan ke pihak veteran.
 
Ia berharap, bantuan dengan dibangunkan rumah untuk veteran ini bisa bermanfaat. Sebelumnya Pemkot Batu juga membangun Gedung untuk Veteran di Jalan Sultan Agung. Gedung ini difungsikan saat ada kegiatan veteran.
 
Sementara itu, Ketua Veteran Kota Batu, H Handri Israwan menambahkan, kalau pihaknya sangat bersyukur. Karena dengan dibangunkannya rumah khusus untuk veteran ini bisa meringankan beban. Karena sejauh ini ada veteran yang tidak memiliki rumah. Sehingga harus menumpang tinggal di sanak saudaranya. "Ada yang tidak punya rumah, harus numpang. Kan kasihan, makanya dengan dibangunnya rumah ini mereka yang tidak punya rumah bisa mandiri," kata Handri.
 
Ada 61 orang pejuang Veteran, dan 137 janda. Ia menyebutkan, apabila pejuang veteran ini ada yang tidak mau menempati rumah ini, bisa mengajak keluarganya apabila takut tinggal sendirian. "Ya semoga segera bisa ditempati. Kami sangat berterima kasih dengan Pemkot Batu, karena baru di sini pejuang veteran dibangunkan rumah," pungkas dia. (bt/udi)
 
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>