Jelang Lebaran, Perbaikan Jalan Rusak Dikebut

Kamis, 24 Mei 2018  19:00

Jelang Lebaran, Perbaikan Jalan Rusak Dikebut
BATU (BM) - Libur Lebaran bakal berlangsung hingga 12 hari. Untuk meningkatkan kenyamanan wisatawan yang bakal berwisata di Kota Batu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) mulai ancang-ancang.

Hal tersebut dilakukan dengan melakukan pemeliharaan jalan dan peningkatan jalan di seluruh wilayah Kota Batu. “Dipastikan akan ada kenaikan volume kendaraan wisatawan yang masuk ke Kota Batu karena libur cuti lebaran yang mencapai 12 hari,” kata Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Alfi Nur Hidayat, Kamis (24/5).

Pemeliharaan jalan dan peningkatan jalan di seluruh wilayah Kota Batu itu, khususnya dilakukan pada ruas-ruas jalur protokol dan ruas-ruas jalur alternatif di Kota Batu. Ruas-ruas protokol di antaranya Jl Dewi Sartika, Jl Agus Salim, Jl Oro-Oro Ombo, Jl Bromo, Jl Dieng, Jl Hasanudin.

Sedangkan ruas-ruas jalan alternatif yakni Jl Junrejo-Dau, Jl Sarfat Coban Talun, Jl Lingkungan Pendem, Jl Gimbo Sumber Brantas, Jl Cemara Kipas Sidomulyo, dan sebagainya.

Seperti halnya di ruas jalan Desa Sumberejo dan Desa Sidomulyo, Pemkot Batu melakukan penambalan jalan berlubang maupun pengaspalan secara menyeluruh. Pengerjaan itu dilakukan dengan melihat tingkat kerusakan di ruas jalan tersebut.

Menurut dia, pemeliharaan jalan dan peningkatan jalan itu untuk memastikan keselamatan pengguna jalan. Juga memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan. “Apalagi Kota Batu ini merupakan kota wisata tingkat nasional. Sehingga kita harus berupaya memberikan kesan yang bagus kepada wisatawan,” imbuhnya.

Alfi memgatakan, perbaikan jalan ini dilakukan dengan metode pemeliharaan jalan. Mulai menutup lubang, jalan spot-spot area menggunakan material asbuton hingga melakukan peningkatan jalan dengan overlay atau hot mix. “Total dengan material AC-WC atau asphalt concrete-wearing course (AC-WC),” jelas Alfi.

Dia memastikan, saat menjelang Lebaran, jalan-jalan di Kota Batu, khususnya yang dilewati wisatawan mulus tidak ada lubang. Menurut dia, semua itu dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada para pengguna jalan, khususnya wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu. (bt/udi)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>