Wali Kota Batu Hentikan Pembangunan Toko Modern Punten

Kamis, 10 Agustus 2017  21:37

Wali Kota Batu Hentikan Pembangunan Toko Modern Punten

Pembangunan toko modern di Desa Punten dihentikan menyalahi ketentuan.

BATU (BM) - Rencana pembangunan toko modern di Desa Punten terancam terganjal. Pasalnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Batu menghentikan pembangunan toko modern itu karena dianggap ilegal. Sikap tegas itu menindaklanjuti protes warga yang menyatakan keberatan dengan rencana pembangunan tersebut.

Pembangunan toko yang dipermasalahkan warga itu,berada di pinggir jalan, bersebelahan dengan SDN Punten 1. Saat ini, pengerjaan bangunan toko modern itu masih dalam tahap pembangunan dan kira-kira mencapai 60 persen.

Salah satu warga Desa Punten, Rendra mengatakan, bangunan itu sebelum dibangun merupakan bangunan berupa kios-kios untuk dimanfaatkan karang taruna. Namun, belum sempat dipergunakan karang taruna Desa Punten, sudah dibongkar dan akan dijadikan toko modern.

"Yang dipermasalahkan itu pembangunan yang akan dijadikan toko modern ternyata menggusur bangunan bantuan untuk UMKM dari Dinas Pertanian Batu," kata Rendra.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Tenaga Kerja, Eny Rachyuningsih menegaskan, pihaknya tidak pernah mengeluarkan izin untuk toko modern di tahun ini. Eny menyebutkan, izin toko modern terakhir dikeluarkan tahun lalu. "Itu tidak ada izinnya. Tahun ini kami belum mengeluarkan izin untuk toko modern," kata Eny saat dikonfirmasi.

Ditanya soal kebiasaan toko modern atau bangunan yang mendahului pembangunan sebelum ada izinnya, Eny membantah hal tersebut. Ia menegaskan, kalau banguanan sebelum dibangun harus ada izinnya. "Ya kalau belum ada izinnya kan ada dinas yang memiliki tupoksi untuk menindaklanjuti," kata Eny.

Eny menambahkan, pihaknya saat ini tengah mensosialisasikan Izin Usaha Toko Modern (IUTM). Yakni semua toko modern harus memberikan ruang untuk pelaku UMKM. Namun, tampaknya IUTM ini sulit untuk diterapkan di Kota Batu. Karena pemilik toko modern kalah bersaing dengan yang dijual oleh pelaku UMKM.

Dikonfirmasi terpisah, Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko menegaskan, kalau sampai masa kepemimpinannya ia tidak akan mengeluarkan izin untuk toko modern. Terlebih yang berdiri di tahun 2017 ini. "Kalau ada yang buka saat ini tidak saya beri izin. Sudah cukup banyak toko modern di Batu," kata Eddy.

Kalau perlu, lanjut walikota, Pemerintah Kota Batu memberikan modal kepada pelaku UMKM. Dalam hal ini, Eddy juga meminta kepada setiap toko modern di Batu ini memberikan ruang kepada pelaku UMKM. Terutama produksi di Kota Batu. (bt/udi)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>