Walikota Dewanti Segera Tunjuk Pejabat Sementara Sekda

Minggu, 01 April 2018  22:39

Walikota Dewanti Segera Tunjuk Pejabat Sementara Sekda
BATU (BM) - Posisi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batu bakal kosong Senin (2/4) hari ini. Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Kota Batu yang sebelumnya diisi Alwi selama enam bulan, telah habis masa jabatannya.
 
Tak ingin posisi Sekda Kota Batu kosong lagi, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bakal menunjuk Penjabat Sementara (Pjs). Sejak habisnya masa jabatannya, Alwi sudah harus kembali pada jabatan yang sebelumnya sebagai Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Hukum Politik, Pemprov Jatim.
 
Sebenarnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Batu sudah mengantisipasi kekosongan jabatan ini dengan segera melakukan lelang jabatan sekda. “Yang pasti kekosongan jabatan ini dilelang. Tapi ketika masa lelang jabatan ini akan diisi dulu sama Pjs, supaya gak kosong,” ungkap Dewanti Rumpoko, Minggu (1/4).
 
Rencananya, pemilihan Pjs Sekda Kota Batu ini bakal dipilih Dewanti dari kalangan internal Pemkot Batu. Hanya saja, saat ditanyai siapa yang akan mengisi Pjs Sekda Kota Batu, Dewanti tidak menyebutkannya. “Ya nanti saja, pasti ada Pj Sekda sementara. Setelah Pak Alwi tidak menjabat. Setelah itu akan saya tunjuk,” imbuhnya.
 
Menurutnya, Pjs Sekda ini akan diisi selama tiga bulan lamanya. Namun sejauh ini proses untuk penunjukan Pjs sudah selesai, dengan demikian saat kekosongan jabatan Dewanti bisa memilih.
 
Ia menambahkan, kalau selama Pjs Sekda itu menjabat, ia menargetkan 3 bulan sejak menjabatnya Pjs Sekda, ia sudah melantik pejabat definitif Sekda Batu. Karena Pjs ini masa jabatannya hanya 3 bulan saja.
 
Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BPKSDM), Wiwik Sukesi menambahkan, saat ini proses penunjukan Pjs Sekda sudah selesai. Sebeb  proses untuk penunjukkan Pjs ini tidak memerlukan proses yang lama. “SK penunjukan sudah ada. Mungkin setelah Plt Sekda ini selesai sehari langsung ditunjuk oleh Wali Kota Batu," ujar Wiwik.
 
Saat ini, persiapan proses lelang jabatan dalam tahap menunggu perizinan dari Kementrian Dalam Negeri. Sejauh ini, pihaknya mengaku sudah siap membuka lelang jabatan ini. Salah satunya yakni dari faktor persiapan tim panitia seleksi (pansel) juga sudah ada. “Kami sudah siap untuk melakukan lelang jabatan, hanya menunggu surat dari Kemendagri saja ini. Begitu turun langsung akan membuat Perwali Pansel,” tambahnya.
 
Ia menjelaskan, lelang jabatan ini tidak hanya mengisi kekosongan Sekda Kota Batu, tapi juga jabatan lainnya yang kosong. Antara lain Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Penataan Ruang. Selanjutnya, ada Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Perdagangan, serta Dinas Pariwisata.
 
Sementara ini jabatan itu diisi oleh Plt. Seperti DP3AP2KB di pelaksana tugaskan (plt) oleh Asisten Pemerintahan, Abu Sufyan. Dinas Pariwisata oleh Staf Ahli Pemerintahan Imam Suryono. Lalu, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Penataan Ruang oleh Asisten Dua, Asisten Administrasi Umum Pemkot Batu, Chairul Sjarif Tartila. Dan Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Perdagangan oleh Asisten 3, Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat, Endang Triningsih. (bt/udi)
 
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>