16 Kali Kebakaran, Kerugian Rp 1,6 Miliar

Selasa, 16 Mei 2017  19:41

16 Kali Kebakaran, Kerugian Rp 1,6 Miliar

Salah satu pemukiman warga di Bojonegoro yang terbakar.

BOJONEGORO (BM) - Kerugian dalam 16 kali kejadian kebakaran pemukiman warga, bangunan, dan tempat usaha yang tersebar di sembilan kecamatan di Kabupaten Bojonegoro sejak 1 Januari lalu, mencapai Rp 1,6 miliar.
 
Penegasan itu disampaikan Kasi Pemadaman BPBD Bojonegoro Sukirno, di Bojonegoro, Selasa (16/5). Menurut dia, besarnya kerugian kebakaran tahun ini sudah hampir menyamai besarnya kerugian dalam 46  kali kejadian kebakaran pemukiman warga, bangunan, dan  juga lokasi lainnya di 41 desa yang tersebar di 19 kecamatan tahun lalu hingga mencapai Rp 1,7 miliar. "Kerugian kebakaran tahun ini besar karena ada tempat usaha yang terbakar," katanya.
 
Ia menyebutkan, dalam kejadian kebakaran tempat usaha mebel milik Sahroni (52) di Desa Sumuragung, Kecamatan Sumberrejo, karena isinya berupa mebel terbakar mengakibatkan kerugian mencapai Rp 300 juta, pada 18 Januari.
 
Selain itu, lanjut dia, juga toko berikut isinya yang terbakar milik Miftuhin (44) di Desa Sekar, Kecamatan Sekar, juga mengakibatkan kerugian cukup  besar pada 9 Maret. "Tapi dalam kejadian kebakaran tahun ini juga tahun lalu tidak menimbulkan korban jiwa," ucapnya.
 
Yang jelas, menurut dia, BPBD dalam melakukan usaha pemadaman kebakaran pemukiman warga juga lainnya tidak memunggut biaya kepada korban benana kebakaran, sebab biaya pemadaman sudah masuk dalam alokasi biaya bencana BPBD. "Besarnya anggaran  pos darurat bencana Rp 5,5 miliar di dalam APBD 2017," kata Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Yudi Hendro menambahkan.
 
Namun, lanjut dia, pos darurat bencana Rp 5,5 miliar itu tidak hanya untuk menangani bencana kebakaran, tetapi juga bencana lainnya, mulai tanah longsor, banjir, memberikan santunan kepada korban bencana, juga untuk keperluan lainnya.
 
Sesuai data di BPBD menyebutkan di pos induk BPBD terdapat empat mobil pemadam kebakaran, salah satu di antaranya, merupakan mobil tangki pemasok air yang dilengkapi tujuh personel pemadam kebakaran.
 
Di Pos BPBD Kecamatan Baureno,  Temayang, Padanganm, masing-masing dua unit mobil pemadam kebakaran dilengkapi lima personel di masing-masing pos. Selain itu, di pos pembantu di Kecamatan Kedungadem, Sekar dan Ngambon, tersedia satu unit mobil pemadam kebakaran dilengkapi tiga personel. (nt/udi) 
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>