Dispendukcapil Prioritaskan KTP Elektronik Pemula

Kamis, 18 Mei 2017  19:42

Dispendukcapil Prioritaskan KTP Elektronik Pemula

Seorang petugas Dispendukcapil Bojonegoro melayani seorang warga yang mencari surat keterangan KTP elektronik, Kamis (18/5)

BOJONEGORO (BM) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Bojonegoro, akan memprioritaskan pemanfaatan 36.000 keping blangko KTP berbasis nomor induk kependudukan secara nasional (KTP elektronik) untuk warga pemula yang belum pernah memiliki KTP.
 
"Sesuai instruksi Kementerian Dalam Negeri untuk keping blangko KTP elektronik yang baru kami terima hanya untuk warga yang belum pernah memiliki KTP," kata Bidang Humas dan Penyuluhan Dispendukcapil Bojonegoro Sri Handayani, Kamis (18/5).
 
Ia menyampaikan hal itu terkait instruksi Dirjen Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri yang telah mengirimkan 36.000 keping blangko KTP elektronik. Karenanya, kata dia, pola penanganan pembuatan KTP elektronik dengan cara menginstruksikan kantor kecamatan di daerahnya untuk melakukan pendataan warga yang wajib memiliki KTP dengan usia 17 tahun untuk melakukan perekaman KTP elektronik.
 
Caranya, lanjut dia, kantor kecamatan mengambil data dari desa di wilayahnya masing-masing terkait warganya yang baru mulai memiliki KTP dengan usia 17 tahun untuk kemudian diajukan kepada dispendukcapil dalam proses pembuatan KTP elektronik.
 
"Tapi sampai hari ini belum ada kecamatan yang mengirimkan data warganya yang baru mulai memiliki KTP," katanya, menegaskan.
 
Menurut dia, dengan jumlah 36.000 keping blangko KTP elektronik kiriman Kemendagri itu sudah bisa untuk mencukupi kebutuhan KTP elektronik bagi warga yang baru memiliki KTP.
 
Sedangkan  warga di daerahnya yang belum memiliki KTP elektronik dengan jumlah sekitar 45.000 jiwa, di antaranya, warga pemula yang wajib memiliki KTP, kekurangannya menunggu tambahan kebing blangko KTP elektronik dari Kemendagri.
 
"Warga yang sudah pernah ber KTP yang belum memiliki KTP elektronik hanya memperoleh surat keterangan KTP elektronik. Proses selanjutnya, menunggu datangnya keping blangko KTP elektronik tambahan dari kemendagri," ucapnya.
 
Yang jelas, katanya, proses pembagian KTP elektronik bagi warga pemula yang baru ber KTP juga akan dilakukan melalui kecamatan untuk diteruskan ke desa. "Dispendukcapil nantinya akan mengirimkan KTP elektronik yang sudah jadi ke kecamatan," ucapnya. (nt/udi)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>