KPU Sosialisasi Pemilu Kepada Disabilitas

Senin, 05 November 2018  17:21

KPU Sosialisasi Pemilu Kepada Disabilitas

Sosialisasi seputar cara dan aturan pemilu 2019 untuk kaum disabilitas

 JOMBANG(BM)-Puluhan orang disabilitas menghadiri undangan KPU Jombang pada acara sosialisasi tata cara hingga aturan pemilu 2019, Senin (5/11). Hal itu dilakukan untuk medorong tingkat kehadiran kaum disabilitas ke bilik suara pada pemilu nanti. Puluhan peserta yang hadir berasal dari Pertuni (Persatuan Tuna Netra Indonesia) dan IPC (Ikatan Penyandang Cacat) Jombang. Dalam forum tersebut, para penyandang disabilitas terlihat antusias. Mereka menanyakan berbagai permasalahan seputar pemilu.

Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, KPU Jombang, M Fatoni mengatakan, acara tersebut untuk menyosialisasikan pemilu bagi penyandang cacat atau difabel. Dengan begitu, kelompok disabilitas tersebut antusias untuk memberikan suaranya dalam pemilu 2019.
Fatoni mengatakan, untuk para tuna netra, KPU menyediakan template khusus. Namun demikian, bagi tuna netra yang ingin memberikan suara dengan didampingi seseorang, KPU tetap mempersilakan.
"Pemilih tuna netra bisa menunjuk orang untuk mendampingi saat mencoblos. Bisa juga minta didampingi petuhas PPS," kata Fatoni usai acara.Fatoni menegaskan, dalam forum tersebut, pihaknya juga memperlihatkan template yang akan digunakan sebagai alat bantu tuna netra untuk mencoblos. Hanya saja, saat ini alat tersebut belum dikirim ke KPU Jombang.
"Kita sediakan template untuk tuna netra. Akan tetapi saat ini, alat tersebut belum dikirim. Karena pengadaan menjadi wewenang KPU pusat," jelas Fatoni sembari mengatakan bahwa jumlah difabel di Jombang sekitar 3 ribu orang.
Salah satu penyandang tuna netra Suparno menyambut baik apa yang dilakukan KPU. Bahwa dengan sosialisasi tersebut, pihaknya mengetahui secara gamblang gambaran pemilu 2019.
"Tidak ada kesulitan. Karena selain ada template, kita juga bisa menunjuk orang sebagai pendamping saat kita mencoblos," kata Suparno usai sosialisasi. (din/dra)

 

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>