Tanam Cabe di Polibag Solusi Harga Mahal

Senin, 09 Januari 2017  19:40

Tanam Cabe di Polibag Solusi Harga Mahal

Menanam Cabe dalam Polybag

JOMBANG (BM) – Harga cabe di pasaran terus melambung hingga ada yang menembus Rp 137 ribu per kilogram.  Kenaikan harga cabe inilah yang berimbas pada harga kebutuhan lainnya. Kelangkaan ini mendapat perhatian Kodim 0814 Jombang untuk mencari solusi.  Kodim 0814 Jombang berupaya mendorong masyarakat untuk menanam cabai di halaman rumah masing-masing untuk menekan lonjakan harga tersebut. Situasi yang demikian tidak bisa dibiarkan berlarut larut, harus cepat melakukan upaya mengatasinya.
 
Dandim, Letkol Arh. M Fatkhurrahman  mengatakan upaya yang dilakukan dengan menggalakkan program  tanam cabe minimal 10 polybag per rumah per anggota dan perkantoran. Program ini, menurut  Dandim, menjadi momentum pembelajaran bahwa cabai sebenarnya mudah ditanam di pekarangan yang sempit. Bahkan bisa dilakukan dengan cara hortikultura.
 
Kebiasaan masyarakat sekarang yang instan dan lebih memilih untuk membeli ketimbang menanam dapat mengakibatkan tidak seimbangnya suatu ekosistem, “ Tindakan seperti itulah yang membuat suplai cabe berkurang,” ujar Dandim.  Apabila masyarakat dapat menanam cabai di pekarangan rumah masing-masing mungkin kenaikan harganya tidak mungkin menjadi fantastis, tindakan tersebut juga sebagai solusi mengatasi mahalnya harga caba. (rem/gie/dra)
 
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>