Satpol PP Keluhkan Penambang Ilegal di DAS Semeru

Selasa, 12 Desember 2017  12:29

Satpol PP Keluhkan Penambang Ilegal di DAS Semeru

Ilustrasi

LUMAJANG (BM) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Lumajang mengeluhkan ulah penambang pasir ilegal yang banyak beroperasi di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) lahar dingin Gunung Semeru.
 
Kepala Dinas Satpol PP Lumajang, Dra. Basuni mengatakan, setelah beberapa kali melakukan operasi gabungan sudah ditertibkan belasan penambang pasir illegal di kawasan tersebut.
 
"Kita gencar melakukan penertiban, Upaya beberapa minggu kemarin telah melakukan penertiban di Candipuro dan Pasirian. Problemnya, penambang mencari pasir untuk kebutuhan hidup dan biaya sekolah," ujar Basuni, Selasa (12/12).
 
Diakui Basuni, setiap kali melakukan operasi gabungan di kawasan tersebut selalu didapati adanya penambang pasir tradisional sedang mengambil pasir di sungai.
 
Basuni meminta para penambang ilegal yang belum memiliki izin harus segera mengurus. Jika tidak, maka mereka bisa melakukan join kepada pemilik tambang yang sudah mengantongi izin.
 
Meski masih ada penambang pasir ilegal di kawasan DAS Semeru dengan dalih kebutuhan perut, namun dia, tidak bisa mentolelir, Pihaknya menegaskan agar pelaku tambang segera mengurus izin sehingga kawasan DAS Semeru terbebas dari penambang ilegal. 
 
Pembinaaan dan sosialisasi kepada seluruh penambang sudah dilaksanakan, jika mereka tidak memiliki izin bisa mengajukan kerjasama dengan pemilik tambang lainnya yang sudah mengantongi izin," ujarnya.
 
Hingga bulan ini, ada sekitar 23 titik lokasi tambang yang sudah mengantongi izin dari ESDM Jawa Timur. Meski demikian, Basuni menjelaskan, pihaknya terus akan menggelar operasi untuk penertiban. "Rabu kita turun ke Jugosari. Mau tidak mau kita melakukan operasi. Regulasi kita melaksanakan pembinaan. Jika ranahnya pencurian kita serahkan ke pihak berwajib," pungkasnya. (pri/udi)
 
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>