Pemkot Mojokerto Komitmen Program Bedah Rumah Berkelanjutan

Selasa, 13 Desember 2016  19:37

Pemkot Mojokerto Komitmen Program Bedah Rumah Berkelanjutan

Walikota Mas’ud Yunus meresmikan rumah Sukarmi di Tropodo Meri sejak Agustus lalu.

MOJOKERTO(BM)–Program Pemerintah Kota Mojokerto mengentas kemiskinan melalui bedah rumah yang bergulir hingga tahun 2016 ini akan berlanjut di tahun 2017. Dalam mewujudkan komitmen itu, Pemkot bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Mojokerto. 
 
Walikota, Mas’ud Yunus menyebut bantuan dana bedah rumah dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Mojokerto. Ia berharap dengan menyalurkan bantuan itu bisa mengurangi jumlah rumah warga Kota yang tidak layak dibuat tinggal.  Mas’ud Yunus membeber program bedah rumah tahun 2016 berjalan sangat lancar dalam pelaksanaannya di lapangan. Seperti Juli tahun 2016, pihaknya menyalurkan bantuan kepada Karmila, warga RT 02 / RW 04 Balong Rawe Baru, Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari. 
 
Karmila merupakan janda fakir miskin yang tinggal di rumah dengan kondisi atap sangat memprihatinkan. Kayu-kayu penyangga atap banyak yang keropos. Genting juga kalau hujan bocor, sehingga jika ini terus terjadi akan mengancam kesehatan bu Karmila. Meski Karmila mempunyai toko makanan ringan di rumahnya, tapi usaha kecil ini tidak cukup untuk membetulkan kondisi rumahnya tersebut. Walikota Mas’ud Yunus juga menyampaikan bahwa proses pembangunan perbaikan atap ini dilakukan oleh warga sekitarnya. 
 
Bantuan Baznas juga mengalir ke Sukarmi di lingkungan Tropodo Meri pada Agustus 2016. Sukarmi yang bekerja sebagai penjaga ponten ini tidak bisa membangun rumahnya yang tak layak huni itu setelah menjalani operasi kanker servik. 
 
Rumah berukuran 3x4 meter ini dihuni Sukarmi bersama Slamet, suaminya yang mengalami gangguan mental serta tiga orang anaknya yang salah satunya difabel. Kamar mandi pun menjadi satu tanpa sekat dengan ruang tamu yang sekaligus kamar tidurnya. Apalagi atap yang selalu bocor jika terjadi hujan. 
 
Kini rumah Sukarmi sudah sangat baik. Beralaskan keramik, dengan kamar mandi yang bersekat dan adanya listrik yang dapat menerangi isi rumah. Baznas juga memberikan bantuan biaya hidup sebesar Rp 200 ribu per bulan. (gie/adv)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>