280 Ton Bawang Merah Probolinggo, Di Ekspor Ke Thailand

Selasa, 31 Juli 2018  15:11

280 Ton Bawang Merah Probolinggo, Di Ekspor Ke Thailand

Ketua dan Pengurus Jaman, melakukan cek Bawang Merah di Pasar Bawang Dringu Kabupaten Probolinggo. (BM/Saifullah)

Reporter : Saifullah

PROBOLINGGO  (BM) - Sebagai Kado Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke 73, Sebanyak 280 Ton Bawang Merah asal Kabupaten Probolinggo di ekspor ke Negara Thailand oleh Jaringan Kemandirian Nasional (Jaman).
 
Pengiriman bawang merah Lokal tersebut, menggunakan 10 Kontainer dan di lepas langsung oleh Ketua Umum Jaman dari pasar Bawang Dringu Kabupaten Probolinggo, Selasa (31/7).
 
Ketua Umum Jaman, A Iwan Dwi Laksono menyatakan, kalau pihaknya mempunyai jaringan dengan negara Thailand untuk di lakukannya Ekspor Bawang Merah.
 
"Sehingga, kita langsung melakukan komunikasi dengan petani Bawang di Kabupaten Probolinggo utamanya pasar Bawang Dringu dan orientasinya sudah 1 tahun yang lalu dan baru tercapai,"jelas Iwan Dwi Laksono di dampingi Ketua Jaman Probolinggo Ahmad Hilmi.
 
Menurut Iwan, Kabupaten Probolinggo merupakan penghasil bawang merah di Indonesia selain daerah Brebes serta daerah lainnya.
 
"Kita nantinya, akan menyentuh juga penghasil bawang merah seperti Madiun, Sumbawa dan Bima,"ungkapnya.
 
Iwan menyatakan, kalau pihaknya juga ada sasaran di Negara Vietnam. Akan tetapi, di negara Vietnam masih ada masalah sehingga 10 Kontainer tersebut di ekspor ke Negara Thailand.
 
"Kakau projek kita (Jaman) sebenarnya di Vietnam, tapi di Vietnam ada masalah ya sehingga kita ekspor ke Thailand,"akunya.
 
Iwan menilai, kalau capaian ekspor yang diraih saat ini tidak terlepas dari keseriusan dan keberhasilan pemerintah dalam mengembangkan sektor pertanian dalam negeri. 
 
"Ini sebagai Capaian Pemerintah Daerah (Kabupaten Probolinggo) dan pemerintah pusat atas keseriusan mengembangkan sektor pertanian,"bangganya.
 
Sementara itu, menurut Pedagang Bawang Merah Kabupaten Probolinggo H Bagong menyatakan, kalau pihaknya mengumpulkan bawang merah dari para petani.
 
"Kami melakukan mengumpul dari para petani. Bawang yang di kirim ke Negara Thailand ini, merupakan Bawang Merah asli Kabupaten Probolinggo dan bukan bawang merah dari daerah lainnya,"ungkap H Bagong.
 
Untuk mengumpulkan bawang merah lokal probolinggo tersebut, pihaknya mendatangi ke sejumlah  petani.
 
"Alhamdulillah, terkumpul sedemikian ton dari petani lokal di Kabupaten Probolinggo,"pungkasnya. (sip)
 
 
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>