Adira Hadirkan Festival Pesona Lokal 2019 di Surabaya
Dari kiri, Tjoa Kim Hou, Handoyo, Sugeng Hariadi dan Shandy Paramayudha. (BM/HARUN)
By: harun
20 Ags 2019 14:28
 
 
SURABAYA (BM) – Perusahaan pembiayaan kenamaan di Indonesia, Adira Finance, kembali menggelar Festival Pesona Lokal. Ingin mengulang sukses 2018 lalu, kegiatan CSR Adira Finance ini, untuk pertama kalinya akan hadir di Lapangan Parkir Plaza Delta, Surabaya, Sabtu (14/09/19) mendatang. Perusahaan yang didirikan pada 1990 itu menggandeng Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) dan stasiun televisi nasional, RCTI. 
                                    
Mewakili area Jawa Timur, Surabaya dipilih tahun ini, karena dianggap lebih cantik pesonanya, daripada tahun-tahun yang lalu. Mengangkat tema ”Rasakan Sensasi Pesona Lokal”, festival juga merupakan rangkaian acara HUT Adira Finance ke-29, yang digelar di 7 kota besar, yaitu Medan, Bali, Surabaya, Bandung, Makassar, Yogyakarta, dan Jakarta, Agustus hingga November 2019. 
 
Selain Parade Karnaval Budaya, tahun ini diadakan lomba tari lokal kontemporer, lomba desain motif khas lokal kontemporer, kompetisi ala selebgram lokal, festival kuliner dan food truck, dan permainan lokal, serta bazaar aneka produk lokal. Tidak ketinggalan, turut dimeriahkan oleh artis ibu kota, Dewi Persik, dan artis lokal, Heavy Monster.
 
Berkolaborasi dengan Yayasan Danamon Peduli, pemerintah daerah setempat, dan berbagai komunitas seni budaya, dan UMKM, juga diadakan “Festival Pasar Rakyat”, tujuannya untuk membangun citra positif pasar rakyat sebagai ruang publik yang kreatif, edukatif, dan berbudaya, sekaligus mengedukasi, serta mendorong keterlibatan berbagai pihak dalam upaya pengembangan pasar rakyat di Indonesia. Festival Pasar Rakyat akan diselenggarakan di kota Magelang, Bogor, Mataram, Pontianak, dan Denpasar.
 
Sebagai highlight dari Kementerian Pariwisata dan Adira Finance, akan diberikan penghargaan “Kota Paling Mempesona” kepada kota penyelenggara yang berhasil menampilkan pesona dan keunikan budaya lokal, serta atraktivitas dalam melibatkan masyarakat selama kegiatan. Tidak hanya itu, juga diberikan penghargaan “Provinsi Paling Mempesona”, kepada Provinsi dengan kota penyelenggara yang sukses, dan berhasil memperlihatkan kekayaan budaya lokal yang beragam dan bervariasi provisi tersebut.
 
Mendorong penerapan program keselamatan jalan oleh pemerintah daerah, untuk mendukung aksesbilitas kawasan daerah wisata yang aman dan selamat, melalui program Indonesia Road Safety Award (IRSA), Adira Insurance turut menjadi sponsor utama. Sebagai perusahaan asuransi umum yang memiliki produk asuransi perjalanan terbesar di Indonesia, memiliki tujuan untuk melindungi masyarakat akan risiko yang mungkin terjadi selama perjalanan.
 
“Festival ini bertujuan untuk mempromosikan potensi budaya, pariwisata, dan kearifan lokal kota Surabaya, dan khususnya provinsi Jawa Timur. Kami mengajak seluruh masyarakat, dan ekosistem Adira Finance, yang terdiri dari konsumen, mitra bisnis, dan karyawan, untuk berpartisipasi. Berbagai aktivitas diadakan untuk memeriahkan Festival Pesona Lokal Surabaya,” ujar Kepala Wilayah Area Jawa Timur Adira Finance, Sugeng Hariadi saat jumpa pers di Tiga Tuan Kitchen & Bar, Surabaya Town Square (Sutos), Selasa (20/08/19) siang.
 
Menjawab awak media, Sugeng mengatakan bahwa, tidak ada target tertentu seperti keuntungan bisnis dari penyelenggaraan festival, karena merupakan kegiatan CSR, sebagai bentuk komitmen kepada kemajuan bangsa Indonesia. “Tolok ukur sukses, dapat dilihat dari penyelenggaraan, dan tingkat partisipasi masyarakat, kalau tahun lalu, diikuti 5.000 orang, tahun ini harus lebih banyak. Kerja sama dengan pihak-pihak terkait, juga harus smart,” tuturnya.
 
“Saya ingin mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur, khususnya di kota Surabaya, untuk datang dan ikut meramaikan kegiatan Festival Pesona Lokal 2019, dan rasakan sensasi kekayaan budaya hingga kuliner khas Jawa Timur. Dengan dukungan pihak pemerintah dan masyarakat, saya harap kegiatan ini dapat menjadi salah satu atraksi ikonik kota Surabaya yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara,” tutup Sugeng. 
 
Selain Sugeng Hariadi, acara jumpa pers, juga turut hadir selaku narasember, yakni Regional Operation Support Manager Jawa Timur, Tjoa Kim Hou, Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Drs Handoyo MPd, dan Kepala Area Adira Insurance, Shandy Paramayudha.
 
Kegiatan didukung pula oleh MUFG Bank, PT Visonet Internasional (OVO), PT Pitoe Sarana Informatika, PT Astra Honda Motor, Coca Cola Amatil Indonesia, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, PT Suzuki Indomobil Sales, PT Triangle Motorindo (VIAR), PT Kawasaki Motor Indonesia, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia, PT Asuransi Sinar Mas, PT Isuzu Astra Motor Indonesia, PT Asuransi Raksa Pratikara, PT. Solusi Transportasi Indonesia (Grab Indonesia), Comforta, Bank Danamon Indonesia, Telkom, Artajasa dan Alibaba. 
 
Bagi generasi muda, digelar ajang tahunan Kompetisi Foto dan Video Sahabat Lokal”untuk yang ketiga kalinya. Dengan tema “Sensasi Lokal Kotaku”, peserta diajak untuk mengunggah karya foto di platform Instagram, atau video di platform Youtube yang menceritakan potensi lokal suatu destinasi, atau daerah di Indonesia, termasuk keindahan alam, tempat wisata menarik, kuliner, tradisi lokal, kultur budaya, tempat hangout populer, serta kerajinan dan oleh-oleh.
 
Informasi tentang kompetisi dan pendaftaran dapat mengunjungi www.adira.co.id/sahabatlokal. Untuk lebih lanjut dapat mengunjungi bit.ly/festivalpesonalokal2019,atau hubungi Dering Adira Finance 1500511. (han)

Create Account



Log In Your Account