Komisi XI DPR RI Faisol Riza, Ajak UKM Manfaatkan Dana KUR
Anggota Komisi XI DPR RI membuka acara sosialisasi KUR di Pasuruan. (BM/Saifullah)
By: masip
8 Apr 2019 14:43
 
 
PASURUAN (BM) - Anggota Komisi XI DPR-RI Faisol Riza meminta kepada para pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Kabupaten Pasuruan, agar bisa memanfaatkan dengan baik dana kredit usaha rakyat (KUR).
"Program KUR harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku UKM karena ini dapat menambah permodalan serta meningkatkan usaha masyarakat," katanya ketika melakukan Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Hotel Horison, Gading Rejo Kabupaten Pasuruan, Senin (8/04).
Legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengatakan, pemerintah pusat pada tahun anggaran 2019 ini telah menargetkan terdistribusinya anggaran KUR sebanyak Rp 140 triliun.
Program pemerintah tentang KUR ini bertujuan untuk membantu usaha dan industri rumahan masyarakat kecil, apalagi suku bunga yang ditetapkan kali ini lebih kecil.
"Ada sekitar Rp140 triliun anggaran yang disiapkan untuk bantuan permodalan yang bersumber dari KUR ini. Bunganya juga cenderung lebih kecil ," katanya.
Fasilitas KUR ini terang Faisol Riza, bisa diakses oleh pertanian, pertambakan, peternakan dan juga pelaku wisata. Oleh karena itu, lanjut dia, sosialisasi KUR ini dengan melibatkan perbankan yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) seperti BRI, Mandiri, BNI.
Pria kelahiran Probolinggo ini meminta adanya keberpihakan kalangan perbankan kepada petani dan nelayan. Terlebih, lanjut dia, mayoritas mata pencaharian masyarakat di Pasuruan adalah bertani.
"Dengan adanya sosialisasi ini dapat membuka pengetahuan petani dan nelayan agar mampu memanfaatkan fasilitas KUR yang ada,"pungkasnya. (sip)

Create Account



Log In Your Account