Optimalisasi Less Cash, Pelindo III Terapkan E-Port

Jumat, 04 Agustus 2017  10:06

Optimalisasi Less Cash, Pelindo III Terapkan E-Port

Pelindo III dan BNI menerbitkan kartu uang elektronik khusus untuk melayani transaksi di pelabuhan bernama e-Port

Surabaya(BM) - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)  terus berupaya mendorong peningkatnya transaksi non tunai di lingkungan pelabuhan. Seperti dikatakan U. Saefudin Noer, Direktur Keuangan Pelindo III bahwa pihaknya menggandeng Bank BNI untuk menerbitkan uang elektronik E-Port  yang diterbitkan khusus bagi layanan pelabuhan di lingkungan Pelindo III.

Penggunaan uang elektronik ini, maka terjadi efisiensi pengelolaan uang tunai hingga meminimalisir kemungkinan kecurangan. “Ini juga dukungan kami terhadap program Bank Indonesia mendorong less cash [mengurangi penggunaan uang tunai],” kata Saefudin di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Kamis.

E-Port  di pelabuhan berfungsi agar uang mengendap tidak lagi bentuk tunai, tapi akun ke akun, tidak banyak memang dampaknya tapi mengurangi produksi uang tunai, efisien, semakin mudah dilaksanakan. Dikatakan dengan peresmian ini, maka dua pelabuhan Pelindo III sudah terlayani uang elektronik. Selain Semarang, layanan E-Port  juga diterapkan di Tanjung Perak Surabaya. “Setelah ini akan diterapkan di Denpasar, Banjarmasin, dan Teluk Lamong,” katanya. Saefudin mengatakan selain efisiensi, pola transaksi antar rekening ini dapat mendatangkan manfaat tambahan bagi perusahaan karena mendapatkan bunga overnight.

Sementara bagi BNI, penerbitan E-Port  tergolong pada kelompok produk uang elektronik yang diberi nama TapCash. Penerapan E-Port  menjadi salah satu sistem pembayaran terintegrasi (Integrated Payment System) yang dibangun BNI untuk Pelindo III. Ini merupakan salah satu bentuk sinergi BUMN yang dapat membantu pengembangan bisnis kedua perusahaan secara bersama-sama. 
Peluncuran kartu E-Port  tersebut dilaksanakan bersamaan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama Implementasi Sistem Pembayaran Elektronik di Pelindo III, Semarang,  “BNI telah turut membangun Integrated Payment System di Pelindo III yang merupakan solusi cash management kami yang meliputi Billing System, Autocollection, dan E-Port  TapCash. E-Port  dapat digunakan untuk berbagai pembayaran seperti di gate masuk pelabuhan, pembelian tiket, pembayaran krantina, gudang, hingga transaksi di  merchants,” ujarnya

Menurut Adi, kerja sama pengembangan E-Port  ini merupakan bentuk dukungan BNI terhadap program Bank Indonesia (BI) yang menggagas Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dan Pelindo III dalam hal penggunaan Uang Elektronik. Penggunaan Kartu TapCash E-Port  ini diharapkan mampu mengurangi antrian saat pembayaran di gerbang masuk ke pelabuhan. Kartu ini juga lebih efisien karena tidak perlu menyiapkan uang kembalian, dan seluruh transaksi dapat terekam dengan baik.

“BNI sebagai partner keuangan dengan total financial solution, melihat nasabah bukan hanya dari kebutuhan keuangan saat ini saja melainkan dengan strategis melihat kebutuhan kedepan, sehingga BNI dapat memberikan solusi yang terintegrasi kepada seluruh kegiatan operasional Pelindo III dalam pengelolaan keuangan perusahaan secara efektif, efisien dan terintegrasi,” ujarnya.(sur/dra)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>