Pelindo III Batal Akuisisi GJT

Jumat, 15 April 2018  21:15

Pelindo III Batal Akuisisi GJT

Setelah dilakukan kajian mendalam dalam bisnis, Pelindo III membatalkan akusisi GJT Gresik

Surabaya (BM)-PT Pelindo III menilai PT Gresik Jasatama (GJT) tidak menarik secara aset dan bisnis. Hal ini yang membuat PT Pelindo III akhirnya memutuskan untuk tidak melanjutkan rencna mengakuisisi PT GJT. Menurut Corporate Secretary PT Pelindo III, Faruq Hidayat, para petinggi Pelindo III sepakat untuk membatalkan rencana akuisisi.

"Setelah kami kaji dan melakukan due diligent secara detail maka kami memutuskan untuk tidak melanjutkan rencana tersebut. Tapi kerjasama yang sudah kami lakukan selama ini antara Pelindo III dan GJT di wilayah Pelabuhan Gresik tetap berjalan," bebernya. Sebelumnya pada akhir Januari lalu Pelindo III sempat menyepakati nota kesepahaman dengan beberapa perusahaan logistik swasta, salah satunya GJT. Pelindo III semula berencana akan mengakuisisi saham mayoritas GJT.

“Pelindo III sebagai perusahaan pelat merah, tetap berpedoman pada asas kehati-hatian terhadap potensi risiko yang dapat timbul termasuk risiko akibat akuisisi ini berdasarkan Good Corporate Governance. Pelindo III melihat beberapa risiko akuisisi termasuk tingkat leverage bisnis untuk target aset, secara komersial tidak menarik," terangnya.

GJT mengusahakan terminal curah berupa 6 dermaga berfasilitas 10 crane di area pelabuhan yang merupakan lahan milik negara, yang dikelola oleh Pelindo III. Kapasitas terminal curah tersebut mencapai 10 juta ton dengan komoditas di antaranya berupa kayu log, pupuk, batu bara, minyak sawit, semen, dan tekstil. “Pelindo III hanya akan melaksanakan kerja sama sampai dengan kontrak selesai dengan GJT dan tidak memperpanjang masa sewa lahan ditempati. Saat ini, sedang dikaji peruntukkan serta opsi kerja sama dengan pihak lain,” tandas Faruq.(nis/dra)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>