Peruri Ajak PTPN XI Salurkan Dana Rp 4,5 Miliar

Senin, 10 September 2018  19:26

Peruri Ajak PTPN XI Salurkan Dana Rp 4,5 Miliar
SURABAYA (BM) - Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) bersama PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) XI melakukan Penandatanganan perjanjian kerja sama untuk menyalurkan dana kemitraan sebesar Rp 4,5 miliar. Dana tersebut akan digunakan untuk pemenuhan kebutuhan modal petani tebu masa tanam 2018/2019 yang berada di wilayah kerja PTPN XI. 


Direktur Komersil PPN XI Sucipto Prayitno mengatakan bahwa memang di BUMN ada kewajiban untuk memberikan bagian keuntungan untuk masyarakat yang bersifat dana bergulir. "Dan diharapkan dana tersebut bisa digunakan untuk menggerakan perekonomian rakyat dan setelah itu dikembalikan dengan jasa administrasi yang besarnya tergantung perusahaan. Dan saya rasa jasa administrasi 3 % tidak terlalu berat bagi petani karena mereka biasanya menggunakan jasa perbankan yang justru dengan bunga paling tinggi," terang Sucipto, Senin (10/9) dalam acara Penandatanganan Kerja Sama Menyalurkan Dana Kemitraan Kepada Petani Tebu di Wilayah Kerja PTPN XI di Kantor PTPN XI Surabaya. 


Sucipto mengucapkan terima kasih pada Peruri karena memang saat ini petani tebu membutuhkan modal kerja untuk memulai musim tanam 2018-2019. Sejak kredit ketahanan pangan dan energi (KKPE) ditiadakan maka petani tebu sempat kesulitan memenuhi kebutuhan modal. 


"Yang terpenting adalah bagaimana konsistensi kita memanfaatkan ini agar berhasil guna dan dikembalikan tepat waktu. Biasanya jasa pemberi CSR seperti ini akan meningkatkan lagi. Kalau sekali saja kita tidak menyalurkan dengan baik, pasti selanjutnya akan enggan."
 

Sementara itu, Direktur Keuangan Peruri Nungky Indraty mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan komitmen Peruri untuk mengembangkan UMKM khususnya di sektor usaha pertanian. "Jadi ini program kemitraan yang memiliki kewajiban untuk ikut menggeliatkan perekonomian dari masyarakat Indonesia yang mungkin tidak terjamah oleh bank. Jadi ini adalah program kemitraan dari kami. Dan dengan PTPN XI ini baru pertama kali kami melakukan dan insha Allah ini bisa dilakukan lebih lanjut dengan jumlah yang lebih meningkat."
 
 
Lanjutnya, bahwa dalam kesempatan tersebut ada program kemitraan yang diharapkan akan dikembalikan dan digulirkan lagi. Melalui sinergi ini diharapkan dapat digunakan untuk membiayai kegiatan usaha petani tebu binaan PTPN XI dengan tujuan adanya peningkatan produktivitas tanaman tebu dan pendapatan petani. Dengan meningkatknya produktivitas petani tebu maka berpengaruh positif bagi kegiatan ekonomi masyarakat.


"Jadi semata-mata ini kita memang mensupport perekonomian yang ada di Indonesia melalui kegiatan yang tidak tersentuh oleh kredit perbankan.  Dan di sini kami juga sangat concern dengan kegiatan petani yang ada di PTPN XI. Pengembalian dalam setahun tapi setelah itu juga akan ada review dan bisa kita berikan lagi,' terang Nungky. (Era)
 
 
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>