A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BeritaMetro.co.id: Catatan Ringan Ketua DPR RI Dari Gunung Bromo

Catatan Ringan Ketua DPR RI Dari Gunung Bromo

Selasa, 19 Juni 2018  18:19

Catatan Ringan Ketua DPR RI Dari Gunung Bromo

Ketua DPR RI ketika menikmati keindahan Gunung Bromo

PROBOLINGGO (BM) - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo sangat takjub menyaksikan keindahan sunrise di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur, Selasa pagi (19/06/18). Berangkat Pukul 01.00 WIB dari Kota Batu Malang menuju kawasan Pelataran Bromo yang merupakan Jeep Point yang berada di Desa Ngadiwono, Tosari. Berikut catatan ringannya:
 
Sekurangnya 14 unit mobil jeep berbagai merek pada pukul 01.00 WIB dinihari itu meraung membelah kota Batu, Malang Jawa Timur menuju arah Pasuruan. Mata ini sebenarnya berat untuk tetap terjaga. Namun rasa penasaran untuk segera melihat kawasan wisata Gunung Bromo, membuat saya bisa melawan kantuk.
 
Lebih kurang dua jam perjalanan, kita memasuki Pasuruan. Dari Pasuruan Rombongan terus melaju menuju arah desa Tosari untuk bisa mendekat ke pusat objek wisata Bromo dengan lautan pasir yang lumayan menantang karena medan yang harus ditempuh tak bisa dilalui oleh kendaraan roda 4 biasa ini dikarenakan jalan turunan dari penanjakan kearah lautan pasir sangatlah curam. 
 
Waktu masih menunjukan pukul 03.15 WIB menjelang Subuh, namun jalan desa menuju kawah Bromo sudah dipadati ribuan mobil Jeep Toyota Land Cruiser atau dikenal dengan nama Toyota Hardtop yang hendak membawa para wisatawan menuju Gunung Bromo. Tidak sedikit juga para wisatawan itu yang berjalan kaki untuk menuju ke pusat lokasi. Mereka menempuh jalan alternatif melalui pintu utara dari arah sebelum masuk probolinggo yaitu pada daerah Tongas, lalu menuju desa cemoro lawang sebelum turun menuju lautan pasir. 
 
Kebanyakan para wisatawan yang ingin mudah mencapai lautan pasir melewati jalur ini. Namun karena saya ingin menyaksikan sunrise yang sering ditampilkan di foto - foto, saya dan rombongan tetap bermobil melewati antrian ribuan jeep yang padat merayap menuju puncak Penanjakan.
 
Namun bila kita mempunyai jiwa petualang maka kita dapat mencoba jalur perjalanan yang jarang dilalui wisatawan. Yaitu melalui kota Malang lalu masuk melalui kota kecil tumpang kemudian masuk kota pronojiwo. 
 
Sepanjang jalan kita akan melalui cagar alam yang sangat indah sampai alhirnya kita nanti akan menjumpai pertigaan jalan di mana kearah selatan akan memasuki ranu pane kearah gunung semeru dan satunya lagi kearah utara, dimana kita akan memasuki lautan pasir bromo yang berada di punggung gunung bromo sebelah selatan.

Pertigaan tersebut bernama Jemplang. Perjalanan diawali dengan menuruni bukit yang kemudian disambut dengan padang rumput yang lama kelamaan berganti menjadi lautan pasir. Jalan ini akan mengitari gunung bromo melewati lautan pasir selama kurang lebih 3 jam.

Jalur ini sebenarnya tidak terlalu curam dan dapat dilalui sepeda motor, namun memerlukan jiwa petualang karena jalurnya yang masih jarang dilewati dan tidak ada satupun persinggahan maupun rumah penduduk. Kita akan benar- benar disuguhkan dengan perjalanan yang sangat menantang.

Namun anda akan diganjar dengan rahasia Bromo yang lain, yang sangat jarang dilihat wisatawan, yaitu padang ruput sabana dan bunga yang sangat luas berada dibalik Gunung Bromo. Sungguh pemandangan yang sangat indah. Namun perlu diingat, sebaiknya jangan melalui jalur ini pada malam hari. Selain sangat gelap juga tidak aman bagi kendaran karena sering berkabut. Jalan inilah yang akhirnya kita pakai sebagai jalur pulang atau kembali ke Kota Batu Malang, tempat saya dan keluarga menginap.
 
Lautan pasir adalah andalan wisata dari gunung Bromo, di alam pegunungan yang sejuk, kita dapat melihat padang pasir dan rerumputan yang luas. Sedangkan yang paling ditunggu dari gunung bromo adalah sightview ketika matahari terbit dan terbenam karena memang akan kelihatan jelas sekali dan sangat indah. Walaupun perjalanan ke Bromo sangat berdebu, tetapi tidak terasa, karena keindahan yang disuguhkan benar-benar luar biasa.
 
Berlibur menuju bromo dapat dibilang suatu pengalaman yang tak mudah dilupakan. Kita bisa menikmati pemandangan sampai jam 9 pagi.
 
Wisata Gunung Bromo Jawa Timur adalah salah satu tempat wisata di Indonesia yang menjadi favorit bagi wisatawan baik dalam negri maupun dari luar negeri. Tidak hanya pemandangan matahari terbitnya saja yang menjadi daya tari utama gunung Bromo, namun ada banyak sekali tempat wisata di sekitar Bromo yang sangat indah. Uniknya, beragam tempat wisata ini untuk mengunjunginya membutuhkan kendaraan tipe 4 wd yaitu land cruiser, hartop atau jeep toyota. Tempat tersebut antara lain, Gunung Penanjakan untuk melihat sunrise, lalu kawah bromo, padang rumput savanah dan bukit teletubies. 
 
Dalam liburan hari raya lebaran ini, Saya sengaja mengajak anak-anak dan keluarga melakukan wisata alam seperti ini. Melihat matahari terbit dan pesona alam di sekitar Bromo, terasa sekali kebesaran Tuhan Yang Maha Esa. Menurut saya potensi wisata Bromo sebagai destinasi tujuan wisata dunia sangat besar. Jika saja ditunjang Bandar Udara bertaraf internasional dan jalan atau sarana prasarana infrastruktur yang memadai, terutama dalam menghadapi kemacetan kendaraan yang menuju kawasan wisata Bromo tersebut.
 
Kawasan wisana Bromo harus didukung  berbagai unsur yang saling bersinergi antara pesona alam, budaya masyarakat, serta kepercayaan dan kearifan lokal, menjadikan kawasan wisata Bromo dipenuhi suasana magis dan mempesona. 
 
Mengapa sangat menarik? Karena  Bromo mempunyai keunikan tersendiri dimana statusnya sebagai Gunung Berapi yang masih aktif. Dengan ketinggian sekitar 2.392 meter di atas permukaan laut, Gunung Bromo terhampar dalam empat kabupaten yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang, menjadi nilai tambah bagi masyarakat sekitar dalam menggerakan roda perekonomian di daerah. (*)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro Call Us (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

download

>