Dewan Desak Pemkab Tingkatkan PAD

Kamis, 01 Februari 2018  23:14

Dewan Desak Pemkab Tingkatkan PAD

Wakil DPRD Gresik dari Fraksi PKB Syafik Am

GRESIK(BM)-Guna mengoptimalkan pendapatan Kabupaten, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gresik meminta Pemkab untuk menggenjot  Pendapan Asli Daerah (PAD) pada tahun 2018, melalui pajak dan retribusi. Kedua sektor ini diharapkan menjadi penyumbang PAD Gresik. Sebab potensi pendapatannya bisa naik signifikan jika digarap secara maksimal.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua DPRD Gresik, Syafik Am, di ruangan kerjanya, Kamis,(1/2). Dikatakan reklame dan restoran sangat potensial untuk menjadi lumbung tambahan PAD. Meski nilai pajaknya kecil, tapi jika diinvetarisir semua, perolehannya sangat besar, karena jumlah reklame dan restoran jumlahnya cukup banyak di Kabupaten Gresik dan dimungkinkan masih belum berizin. Pihaknya mengharapkan kepada dinas terkait untuk menggenjot jumlah wajib pajak di sektor ini. "Reklame dan restoran jika digenjot objek pajaknya, punya potensi besar menambah PAD," ungkap politikus PKB ini.

Dirinya menambahkan, pelayanan pajak harus lebih dipermudah agar pengusaha dan perorangan bersedia mengurus pajak sehingga target Pemkab Gresik tahun ini bisa naik. Apalagi sebagian pajak yang sebelumnya masuk PAD, kini dialihkan ke tingkat provinsi maupun pusat, seperti Pajak Galian C dan retribusi izin HO. Selain itu, peningkatan PAD juga bisa dilakukan dengan cara merivisi Peraturan Daerah (Perda) atau membuat Perda. Cara itu digunakan untuk meningkatkan nilai atau harga pajak. " Kalau meningkatkan harga pajak ya harus kita revisi perda atau buat Perda baru," katanya.(Ron/dra)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>