Peringati, WCD, Aktivis Lingkungan Di Gresik Bersihkan Kali Lamong Di Mangrove Sukorejo
Kades Sukorejo Fakhur Bersama Relawan Lingkungan Sedang Menanam Dan Membersihkan Wilayah Mongrove Di Desa Sukorejo.
By: choiron86
21 Sept 2019 12:37
 
 

GRESIK (BM)- Puluhan orang dari komunitas relawan lingkungan di Kabupaten Gresik bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Sukorejo, Kecamatan Kebomas melakukan kegiatan bersih-bersih sampah, di kawasan mangrove Sabtu pagi (21/9/19).

 

Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka memperingati World Cleanup Day (WCD) yang jatuh pada Sabtu, tanggal 21 September kemarin. Tidak hanya memunguti sampah, para aktivis juga menanam pohon mangrove disekitar bantaran sungai Kali Lamong. 

 

 

Kepala Desa Sukorejo, Fathur Rakhman mengatakan, Kegiatan ini diharapkan mampu menggugah kesadaran pemerintah lebih peduli terhadap keberadaan Kali Lamong. Sebab menurutnya kondisi Kali Lamong saat ini mengalami kerusakan cukup parah yang berdampak pada lingkungan masyarakat sepanjang bantaran Kali Lamong. 

 

 

“Dengan kegiatan itu kami berharap pihak terkait dalam hal ini yang berwenang dalam hal kali Lamong lebih peduli lagi terhadap keadaan Kali Lamong. Ini adalah sekedar gerakan moral. Menghimpun semua pihak. Supaya cepat dibenahi Kali Lamong. Karena kerusakannya sudah sangat luar biasa. “ ujarnya. 

 

 

Menurut Fatkhur, tidak diurusnya Kali Lamong oleh Pemerintah, menyebabkan banjir masuk serta terjadinya abrasi tanah dibantaran hilir. Selain itu dampak yang lain adalah banyaknya limbah sampah plastik yang berserakan di sekitar mangrove yang menganggu pemandangan. 

 

 

“Ini kalau musim hujan banjir, sampai masuk kesitu (Ia menujukkan bahwa, jika terjadi banjir akses jalan Desa tergenang air red-),” tambahnya.Adapun komunitas yang ikut kegiatan tersebut adalah, WCDI Gresik dan Tim Giri Indah PT Gloster. 

 

 

“Ini dari komunitas yang bekerjasama dengan warga dan Pemeritah Desa Sukorejo, dari WCDI Gresik dan Tim CSR Giri Indah PT Gloster,” pungkas, Fatkhur. (Ron)


Create Account



Log In Your Account