Ratusan Buruh Demo PT Mulya Adhi Paramita
Massa buruh menyemut di pintu gerbang PT Mulya Adhi Paramita untuk memprotes pemecatan sepihak
By: Wahyu
31 Ags 2016 01:08
 
 
GRESIK (BM) - Ratusan buruh yang tergabung dalam F HUKATAN SBSI, Serikat Pekerja Nasional (SPN) dan Aliansi Buruh Menganti-Kedamean, meluruk PT Mulya Adhi Paramita di Jl Raya Boboh Menganti, Gresik, Selasa (30/8). Mereka menuntut perusahaan kimia tersebut mempekerjakan kembali sekretarisnya yang di-PHK sepihak beberapa hari lalu.
 
“Permintaan kita ada 3 yaitu kebebasan berserikat, PHK, dan upah selama perselisihan harus dibayar oleh pihak perusahaan,” kata Sugito, Ketua DPC F HUKATAN SBSI Gresik. Dia mengatakan, PHK yang jadi salah satu tuntutan memang merujuk pada kejadian pemecatan salah satu rekannya sesama buruh.
 
Sugito mengatakan, alasan perusahaan bahwa sekretaris tersebut masih berstatus kontrak, justru mengabaikan anjuran Disnaker yang mengharuskan jadi karyawan tetap. Apalagi alasan PHK disinyalir karena perusahaan menghalang-halangi kebebasan berserikat karyawannya. 
 
“Ketika ada yang mau gabung serikat pekerja pasti dihalang-halangi. Seperti dengan tidak perpanjang kontrak kerja atau dalh lainnya,” sergah Sugito.
 
Padahal buruh, terang Sugito, tidak memaksa perusahaan bisa langsung memenuhi tuntutannya. “Jadi perusahaan sendiri tidak pernah punya niatan untuk menyelesaikan tahapan tahapan tersebut,” pungkasnya.
 
Demo yang berlangsung selama 2 jam ini mendapatkan pengawalan ketat dari Polres Gresik. Apalagi sebagian besar massa datang dari wilayah utara Gresik. Konvoi mereka bahkan sempat memacetkan jalan provinsi yang menuju pabrik. (gbr/zen/epe)

Create Account



Log In Your Account