Tradisi \"Ngubeg Srumbung\", Ajang Silaturahim Warga Bulangan
tradisi " “Ngubeg Srumbung”. yaitu Warga Desa Bulangan mencari ikan di Telaganya
By: choiron86
11 Sept 2019 20:35
 
 

GRESIK (BM)- Warga Desa Bulangan Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, memiliki Tradisi warisan leluhur dalam merawat dan melestarikan alam semesta. Tradisi  itu diberi nama “Ngubeg Srumbung”. Yaitu mencari ikan  bersama-sama  di telaga Srumbung.

 

 

Sekretaris Desa (Sekdes) Bulangan, Masbuqin menceritakan, kegiatan ini sudah turun temurun tiap tahun dilakakukan oleh warga di desanya. Biasanya saat musim kemarau ketika air telaga  akan habis/menyusut.

 “ Acara ini, ritual jelang sedekah bumi,” kata Masbuhin, Rabu, (11/9/19).

 

Selain  mendapat ikan, acara itu digunakan  sebagai media silaturahim.  Kemudian Bisa jadi hiburan gratis bagi warga. Juga sebagai sarana edukasi bagi anak-anak.

 

Tradisi ini  kata Masbuqin, tidak hanya diikuti warganya, ada juga dari desa tetangga.” Yang ikut ada juga yang datang  dari Desa tetangga,” ceritanya.

 

Dalam tata cara tradisi itu, Masbuqin menjelaskan, yakni sebelum warga turun ke Telaga untuk mencari ikan bersama-sama, terlebih dulu, ada ritual memanjatkan doa. Biasanya yang memimpin doa tokoh agama setempat (moden).

 

Sementara itu, Fifin, warga setempat, merasa senang dengan adanya tradisi itu. Dia menceritakan, jika teman-temannya  yang biasanya merantau ke Malaysia samapi menunda keberangkatannya hanya karena nunggu momen tradisi yang ditunggu-tunggu itu.


“Harapannya Semoga tahun depan ikannya tambah banyak, tambah besar-besar.  Biar warga semakin bahagia menikmati  momen ini,” harapnya. (Khoiron)

 

 


Create Account



Log In Your Account