Markasnya Diberondong, CEO YouTube: Mengerikan!

Rabu, 04 April 2018  18:36

Markasnya Diberondong, CEO YouTube: Mengerikan!

CEO YouTube Susan Wojcicki (paling depan) saat keluar kantor bersama beberapa karyawan.

San Bruno (BM) – Seorang perempuan melepaskan tembakan di kantor pusat YouTube di San Bruno, California Selatan, Amerika Selatan, Selasa (3/4/2018). Pelaku yang melukai tiga orang dalam insiden tersebut ditemukan tewas di lokasi. Dia diduga menembak dirinya setelah melakukan penyerangan.

Kepala Kepolisian San Bruno, Ed Barberini, mengatakan pihaknya telah memulai investigasi untuk menyelidiki peristiwa itu, sementara motif penembakan belum diketahui. "Kami hanya tahu sangat sedikit sekarang, dan kami mungkin tidak akan tahu lebih banyak sampai besok pagi," katanya, seperti dilansir dari CNN.

"Kami punya seorang yang tewas di dalam gedung dengan luka yang dia timbulkan sendiri. Saat ini, kami yakin dia merupakan pelaku penembakan," ucapnya.

Dilansir dari AFP, korban yang terluka telah dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Barberini mengatakan, polisi telah menutup seluruh gedung untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut dan mencari kemungkinan korban bertambah. Seorang karyawan, Todd Sherman, mengatakan para pekerja lainnya meninggalkan markas besar YouTube itu dengan kepanikan.

"Kami sedang rapat dan kemudian kami mendengar orang-orang berlarian karena seperti gemuruh di lantai. Pikiran pertama saya mungkin itu gempa bumi," ucapnya.

Ketika menuju pintu keluar, seseorang mengatakan telah melihat orang lain membawa pistol. "Pada titik itu, setiap orang baru yang saya lihat berpotensi dialah penembaknya," ucapnya.

Para saksi menyaksikan helikopter tiba di tempat kejadian bersamaan dengan datangnya tim kepolisian SWAT.

Sementara, Presiden AS Donald Trump menyampaikan, pemerintah terus memantau situasi yang sedang berlangsung di San Bruno. "Terima kasih kepada Perugas Penegak Hukum yang fenomenal dan Frist Responders yang saat ini berada di lokasi," kicaunya di Twitter.

Kantor pusat YouTube terletak sekitar 50 km dari gedung utama Google di Mountain View.

Penembakan brutal itu membuat banyak orang syok, termasuk CEO YouTube Susan Wojcicki. Susan sendiri langsung dievakuasi pasca kejadian ini.

Meski ia selamat dari penembakan, rasa ngeri nan mencekam tentang kejadian itu masih terngiang di kepalanya. Ia pun merasakan kesedihan yang mendalam dan terus bertanya-tanya mengapa hal ini bisa terjadi.

"Tak ada kata-kata yang bisa menggambarkan betapa mengerikannya kejadian penembakan di kantor YouTube hari ini," ujar Susan dalam cuitannya di Twitter, Rabu (4/4/2018).

Kantor YouTube yang berlokasi di San Bruno, California, Amerika Serikat, jadi sasaran penembakan pelaku yang bernama Nasim Aghdam. Nasim sendiri seorang wanita berusia 39 tahun dan ternyata berprofesi sebagai YouTuber.

Nasim di akun YouTube miliknya mendeksripsikan diri sebagai aktivis hak-hak hewan. Ia memiliki sekitar 5.000 subcriber. Namun setelah penembakan, seluruh akun Nasim di YouTube dan media sosial lain telah dihapus.

Korban penembakan Nasim dalam kondisi berbeda-beda. Korban pria berusia 36 tahun saat ini masih kritis, korban wanita berusia 32 tahun dalam kondisi serius dan seorang wanita berusia 27 tahun dalam kondisi lumayan baik.

Usai penembakan, Nasim pun langsung mengakhiri hidupnya dengan senjata yang sama. Penembakan ini terjadi pada sekitar pukul 12.45 waktu setempat, saat kebanyakan karyawan YouTube tengah makan siang di bagian belakang bangunan.

Tak lama setelah kejadian, aparat kepolisian setempat langsung mendatangi kantor YouTube. Susan pun mengucapkan terima kasih terhadap pihak yang membantu pengamanan terhadap dirinya maupun karyawan YouTube.

"Terima kasih yang terdalam kepada para penegak hukum atas respons cepat mereka. Pikiran dan hati kami bersama semua orang yang terluka dan terkena dampak hari ini. Kami akan bersama-sama untuk menyembuhkannya sebagai keluarga," ucap Susan.

Hingga saat ini, motif penembakan yang dilakukan Nasim Aghdam di kantor pusat YouTube masih misterius. Kabar yang beredar bahwa Aghdam pernah memprotes kebijakan yang dikeluarkan YouTube.

 

Pelaku Penembakan

Siapa wanita yang melakukan aksi penembakan dan bunuh diri di kantor pusat YouTube di San Bruno akhirnya terungkap. Dia diidentifikasi bernama Nasim Aghdam, berusia 39 tahun dan tinggal di San Diego.

Nasim yang menembak dengan pistol, diketahui aktif sebagai YouTuber. Ia kerap protes terhadap kebijakan baru YouTube serta menuding YouTube kerap menyensor video-videonya.

Aparat awalnya menginvestigasi kasus ini dengan dugaan bahwa pelaku terlibat dalam kekerasan dengan kekasihnya dan melakukan penembakan padanya.

Nasim mendeksripsikan diri sebagai aktivis hak-hak hewan. Ia memiliki sekitar 5.000 subcriber. Namun setelah penembakan, seluruh akun Nasim di YouTube dan media sosial lain telah dihapus.(det/kom/tit)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>