Bawaslu Kab Probolinggo Awasi kegiatan ASN di Media Sosial

Selasa, 26 Maret 2019  12:51

Bawaslu Kab Probolinggo Awasi kegiatan ASN di Media Sosial

Ketua Bawaslu dan KPU serta Kasat Shabara Polres Probolinggo usai acara diskusi. (BM/Saifullah)

PROBOLINGGO (BM) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Probolinggo melakukan pemantauan kegiatan Aparat Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Probolinggo dalam menggunakan media sosial.
 
"Sudah berkomitmen untuk melakukan pengawasan terhadap ASN karena memang harus netral," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo, Fathul Qorib, ketika di acara Focus Group Discussion dalam Pengawasan Rapat Umum dan Iklan Media, Selasa (26/3)
 
Dia mengatakan ASN tidak boleh memihak pada salah calon tertentu, apalagi menganjurkan pihak lain untuk memilih karena dianggap menyalahi aturan dan ada sanksinya.
 
Sangsi hukum menanti ASN bila melanggar aturan yang berlaku seperti UU No.7 tahun 2007 tentang Pemilu pasal 20, UU No. 5 tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan Pemerintah (PP) No.53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS.
 
Pihaknya berupaya memantau bila ada potensi pelanggaran, seperti menyukai (like) salah satu akun pendukung calon tertentu.
 
Apalagi ada ASN yang dengan sengaja memposting foto atau video kegiatan dengan pakaian seragam di media sosial, ini dianggap suatu pelanggaran, tentu ada sanksi hukum.
 
"Bahkan, 8 perangkat desa dan ASN sudah kita lakukan sangsi dan kita sudah laporkan ke Bawaslu RI,"jelas Qorib.
 
Diapun menghimbau pada ASN dan Kepala Desa serta perangkat desa untuk menjaga netralitasnya dalam Pemilu 2019 ini. (sip)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>