Berbekal Optimisme, La Nyalla Daftar Lewat PD

Senin, 17 Juli 2017  15:19

Berbekal Optimisme, La Nyalla Daftar Lewat PD

La Nyala

Perlahan tapi pasti, dinamika politik terkait pemilihan Gubernur Jawa Timur terus bergerak. Satu persatu, nama-nama kandidat muncul ke permukaan. Kandidat baru tersebut merupakan sosok yang tak asing lagi bagi masyarakat kota Surabaya. Dia adalah Ketua Kadin Jawa Timur La Nyalla Mahmud Matalitti. Ia menjadi calon keempat yang mendaftar di Partai Demokrat (PD) sebagai cagub Jatim.
La Nyala resmi mendaftarkan diri pada Senin (17/7) kemarin di Kantor DPD PD Jatim. Eks Ketua PSSI ini diantar ratusan simpatisan yang menamakan diri Nyalla Academia. Mereka berkonvoi dari kediamannya di kawasan Wisma Permai Mukyorejo ke kantor DPD PD Jatim.
Sambil menggunakan kemeja warna putih, La Nyalla berkendara vespa warna biru diikuti simpatian yang mengenakan kaus putih dengan gambar siluet wajah La Nyalla. Sampai di Kantor DPD PD, ratusan simpatisan ini mengangkat puluhan poster bertuliskan 'Mohon Doa Restu H La Nyalla Untuk Jawa Timur' dengan poster siluet sehingga membuat lalu lintas di kawasan Raya Kertajaya Indah padat.
"Saya yakin jadi gubernur dan ingin mensejahterakan rakyat Jatim dengan berkeadilan sosial," katanya saat berpidato usai resmi mendaftar.
“Saya sudah berkeliling ke tingkat paling bawah di Jawa Timur, karena itulah saya berani menyatakan maju sebagai calon gubernur, bukan sebagai calon wakil gubernur,” ungkapnya.
Selain itu, La Nyalla juga berharap poros tengah yaitu PD, Gerindra, PAN dan PKS turut mendukung dirinya. “Ketika ekonomi sulit seperti ini maka dibutuhkan pemimpin yang mengerti persoalan ekonomi kerakyatan. Dan kemampuan tersebut hanya saya yang punya,” terangnya.
Terkait visi misi, La Nyalla sengaja belum memberikan visi misinya sebagai cagub. Karena, ia mengaku masih berkomunikasi dengan seluruh cagub.
"Visi misi belum paten karena masih koordinasi dengan cagub lain, karena cagub punya visi sendiri misi sendiri, saya akan koordinasi kemudian saya satukan dan saya satukan visi misi cagub cagub lainnya, biar masyarakat yang pilih," ujar Nyalla.
Sementara Sekretaris DPD PD Jatim Renville Antonio menganggap La Nyalla sebagai bagian keluarga besar PD Jatim. "Beliau sudah seperti keluarga di Demokrat karena banyak kader dan sumbangsih Pak Nyalla seperti saat anak pertama beliau membantu sangat banyak saat Pakde (Ketua DPD Jatim Soekarwo) menjadi Gubernur periode pertama," ujar Renville.
Renville juga meminta kepada La Nyalla agar segera melengkapi 9 dari 19 persyaratan yang ditetapkan DPD PD Jatim bagi cagub yang mendaftar, salah satunya video profile dan visi misi.
"Video profile segera diberikan agar mudah memperkenalkan pimpinan di daerah serta kami persilakan para calon untuk memperkenalkan di DPC daerah agar tahu visi misi sehingga bisa memberikan penilaian," pungkas Renville.

Peluang Sama
Partai Demokrat menilai 4 calon yang mendaftar agar bisa berkompetisi di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim mempunyai kekuatan yang sama dan kenangan dengan partai.
"Saya rasa semua sama, peluangnya juga sama, karena kami Demokrat memang membuka untuk semua kader dan non kader untuk mendaftar," kata Sekertaris DPD PD Jatim Renville Antonio, Senin (17/7/2017).
Ia mengungkapkan dari 4 pendaftar bakal calon (balon) mempunyai ikatan baik langsung dan tidak langsung dengan Partai Demokrat. "Memang rata rata mempunyai kenangan dengan Partai Demokrat, punya hubungan secara langsung maupun tidak secara langsung," ujar dia.
Ia berharap akan lebih banyak lagi pendaftar balon yang mendaftar melalui PD. Alasannya, PD menerima siapa saja yang ingin mendaftar tanpa membatasi atau khusus kader.
"Sampai saat ini kami melihat belum ada yang membuka pendaftaran secara khusus dan alhamdulillah kami sudah membuka. PDIP juga membuka tetapi rata rata kader, kalau kami buka seluruhnya menyerahkan dari masyrakat siapa yang kira kira pantas untuk dimajukan," pungkas Renville.
Keempat balon yang mendaftar di Partai Demokrat yakni Saifullah Yusuf sebagai cagub, Wakil Ketua DPD PD Jatim Nurhayati sebagai cagub, Nurwiyatno menyerahkan ke Demokrat dipilih sebagai cagub atau cawagub dan La Nyalla Mahmud Matalitti sebagai cagub. (era/det/tit)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>