Direstui Jokowi, Golkar Usung Khofifah

Rabu, 04 Oktober 2017  20:45

Direstui Jokowi, Golkar Usung Khofifah

Nusron Wahid

JAKARTA (BM) – Ketua Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat DPP Partai Golkar Roem Kono, mengklaim mendapatkan restu Presiden Joko Widodo, saat akan mengusung Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa jadi bakal calon gubernur di Pilgub Jatim 2018.

"Sejak awal saya kira partai lain belum menghubungi Khofifah kita sudah menghubungi. Dan kita sudah menanyakan ke Presiden Jokowi dan Presiden welcome, ya kita harus dukung," kata Roem kepada wartawan di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (3/10/2017).

Namun Roem mengaku hingga saat ini belum mengetahui partai-partai yang ikut mengusung Khofifah.

Khofifah sendiri tetap mendaftar dan mengambil formulir ke sejumlah partai, di antaranya Partai Demokrat.

"Saya kira proses sedang berjalan, proses politik. Saya kira Khofifah kan jalan terus mendaftar ke partai. Saya kira proses rekrutmen politik berjalan dan pada akhirnya kita tahu sendiri siapa partai mana saja mendukung Khofifah," kata Roem.

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPP Golkar, Nusron Wahid mengatakan, Khofifah dipilih usai mendapatkan suara mufakat dari kader partai yang ikut di dalam rapat, dengan berbagai macam pertimbangan.

Diusungnya Khofifah, akan dikomunikasikan terlebih dahulu dengan partai-partai lainnya di Jawa Timur.

Hal itu dilakukan untuk menetapkan siapa pasangan yang akan menemaninya bertarung. "Pasangannya belum tahu, nanti kita lihat dari partai lainnya," katanya

Namun begitu, Golkar meyakini akan ada beberapa partai yang cukup besar akan bergabung mendukung Khofifah.

Dengan syarat, nantinya, Khofifah harus mundur dari kabinet dan bisa fokus untuk pemilihan. "Iya tentu. Harus mundur dulu. Intinya, setelah rapat barusan, kami sepakat untuk mendukung dan mengusung Khofifah di Jawa Timur," katanya.

 

Bakal Calon Wagub

Terpisah, Bupati Bojonegoro Suyoto menyatakan siap jika dipasangkan dengan Khofifah Indar Parawansa sebagai bakal calon Wakil Gubernur Jawa Timur. “Kami siap saja,” ujar Suyoto kepada Tempo di Alun-alun Kota Bojonegoro, Selasa, 3 Oktober 2017.

Suyoto menunggu proses pencalonannya. Semula, Kang Yoto, begitu ia biasa dipanggil, kaget saat ditanya tentang kesempatannya sebagai bakal calon Wakil Gubernur Jawa Timur. Apalagi selama ini terlihat pasangan-pasangan calon gubernur dan wakil gubernur tampak adem-ayem, sehingga ia memilih mengikuti proses. “Kami ikuti proses ya,” katanya.

 

Ketua DPD Golkar Bojonegoro Mitriatin mengatakan partainya baru mengusung Khofifah Indar Parawansa. Namun partai beringin belum menentukan pilihan untuk pendamping Khofifah. “Untuk wakilnya, kami belum (menentukan pilihan),” ujarnya. Golkar masih mencari dan menimbang untuk pasangan Khofifah.

Mitriatin mengatakan Golkar sedang membicarakan kelanjutan pencalonan Khofifah. “Nama-namanya masih kami bahas,” kata Ketua DPRD Bojonegoro itu. (tri/tem/tit)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>