Jelang Pilgub Jatim 2019, Spanduk Gus Ipul-Kanang Bertebaran

Selasa, 25 Juli 2017  18:01

Jelang Pilgub Jatim 2019, Spanduk Gus Ipul-Kanang Bertebaran

Baliho Gus Ipul-Kanang

SURABAYA (BM) – Di tengah menghangatnya suhu politik menjelang Pemilihan Gubernur 2019, beredar baliho dan spanduk bergambar pasangan Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) yang dipasangkan dengan Bupati Ngawi Budi Sulistyono (Kanang). Bukan hanya di Surabaya, tetapi juga muncul di luar kota.

Selain memuat gambar pasangan Gus Ipul-Kanang, spanduk tersebut juga bertuliskan "Mewujudkan Jawa Timur Adem dan Agamis".

Seperti diketahui, saat ini Gus Ipul sudah diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk maju Pilgub Jatim 2018. Selain itu, pria kelahiran Pasuruan tersebut juga sudah mendaftar sebagai Bakal Calon Gubernur (Bacagub) melalui Partai Demokrat dan PDIP. Sedangkan Budi Sulistyono atau yang akrab disapa Kanang sudah mendaftar sebagai Bacawagub di PDIP.

Menanggapi adanya spanduk tersebut Ketua Badan Pemenang Pemilu (Bapilu) DPW PKB Jatim, Thoriqul Haq mempunyai beberapa hal yang harus diklarifikasi. "Spanduk tersebut bukan dari PKB," ujarnya.

Menurutnya, PKB sudah bulat mendukung Gus Ipul untuk maju sebagai Bacagub di Pilgub Jatim 2018. Sedangkan wakilnya adalah otoritas dari partai koalisi, dalam hal ini adalah PDIP.

"Saya tidak tahu apakah PDIP sudah memberikan keputusan atau belum," tambahnya.

Sampai sekarang DPD PDIP Jatim belum memberikan keputusan siapa nantinya yang akan mendampingi Gus Ipul. DPD PDIP Jatim masih menunggu keputusan DPP Jatim untuk menentukan nama tersebut.

Selain Kanang, beberapa nama Bacawagub yang sudah daftar melalui DPD PDIP Jatim antara lain Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi, lalu anggota DPRD Jatim, Suhandoyo, ada juga Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

Sejumlah baliho bergambar Saifullah Yusuf-Budi Soelistiyono (Kanang) juga ditemukan, bertebaran di Pasuruan.

Komentar senada disampaikan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Pasuruan, yang menyatakan bukan pihaknya yang memasang baliho tersebut.  Sebagaimana ditegaskan oleh Ketua DPC PDIP Kabupaten Pasuruan, Andri Wahyudi.

“Iya, memang benar baliho itu sudah banyak terpasang, tetapi bukan DPC PDIP Kabupaten Pasuruan yang memasangnya. Tahu-tahu sudah terpasang seperti itu dan kami tidak tahu siapa yang memasangnya,” tegasnya.

Sebagai struktural partai banteng Moncong putih, Andri mengaku, dirinya dan jajarannya masih belum bergerak lantaran hingga saat ini, masih belum ada keputusan final dari DPP PDIP. Menurutnya, hingga saat ini dua kader internal PDIP Jawa Timur, yakni Kusnadi, Ketua DPD PDIP Jatim dan Budi Soelistiyono (Kanang) yang merupakan Bupati Ngawi dan juga Wakil Ketua DPD PDIP Jatim itu, masih memilki peluang yang sama-sama kuat, untuk memdampingi Gus Ipul dalam Pilgub Jatim 2018 mendatang.

“Semuanya masih punya peluang. Yang ramai memang Pak Kusnadi dan Mas Kanang. Tapi hingga saat ini partai masih belum memutuskannya,” terangnya. (tri/kps/tit)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>