NasDem: Cawapres Jokowi Buat Gempar Indonesia

Senin, 09 Juli 2018  17:52

NasDem: Cawapres Jokowi Buat Gempar Indonesia

Megawati bersama Jokowi di istana Batu Tulis

Jakarta (BM) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengantongi nama cawapres untuk mendampinginya di Pilpres 2019. Cawapres Jokowi disebut Partai NasDem akan diumumkan di bulan ini.

"Pak Jokowi sudah punya calon, bahwa calon sudah di dalam kantongnya dan akan diumumkan kepada publik setelah bersama-sama bicara dengan pimpinan parpol, akan disampaikan nanti, dan ini dalam waktu dekat," kata Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate di kantor DPP NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (9/7/2018).

"Presiden sudah bilang tunggulah beberapa hari lagi. Kami yakini nggak akan lewat dari bulan inilah, nggak akan lewat itu," sambungnya.

Johnny mengatakan pengumuman nama cawapres itu menunggu momen yang bagus. Ia mengira-ngira Jokowi akan mengumumkannya pada Juli ini.

Saat ini tengah disusun agenda pertemuan dengan parpol-parpol koalisi pendukung Jokowi. Pertemuan itu sekaligus mengumumkan nama cawapres yang mendampingi Jokowi.

"Yang pasti sedang dijadwalkan dengan pertemuan dengan parpol, itu disampaikan kepada semuanya secara bersama-sama," imbuhnya.

Ia mengatakan calon cawapres yang sudah ada di tangan Jokowi adalah calon yang cocok mendampinginya dan profesional. Untuk calon yang dipilihnya pun, menurut Johnny, NasDem akan setuju.

"Cluenya pasti (cawapres) itu pendamping hebat buat Pak Joko Widodo, pasti diterima dengan senang hati oleh semua partai koalisi, pasti membuat gempar Indonesia karena itu tokoh yang cocok untuk Indonesia 2019-2024," kata Johnny G. Plate.

Siapa cawapres yang dikantongi Jokowi, Johnny tak menyebutnya. Dia hanya menegaskan cawapres yang dipilih bisa diterima semua kalangan.

"Ini adalah tokoh yang profesional dari partai politik maupun non partai politik. Tokoh yang hebat," tegas dia.

NasDem menurutnya menyerahkan keputusan nama cawapres kepada Jokowi. Cawapres pilihan Jokowi diyakini punya visi yang sama dengan NasDem terkait Indonesia.

"Kami meyakini juga tadi seperti disampaikan ini tokoh yang melengkapi Pak Jokowi sehingga nanti sukses untuk Indonesia. Kalau siapanya sudah ada di kantong Jokowi," imbuh Johnny.

Sebelumnya, Megawati bertemu dengan Jokowi, Minggu (8/7) malam, di Istana Batu Tulis, Bogor. Megawati mengatakan nama cawapres Jokowi sudah mengerucut dan tinggal menunggu waktu untuk diumumkan.

"Pengumuman dilakukan pada momentum tepat dan dalam cuaca yang cerah, secerah ketika matahari terbit dari timur. Jadi tunggu saja dan sabar," ujar Megawati dalam keterangan tertulis yang disampaikan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Adanya 10 calon itu diamini Ketum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy. Ia menyebut nama cawapres Jokowi ini sudah disosialisasikan ke ketum parpol pengusung Jokowi di Pilpres 2019.

"Disebutkan Pak Jokowi, sudah ada di kantong Beliau itu kurang dari sepuluh nama yang sudah diinformasikan kepada ketum partai yang sudah tegas mengusung Pak Jokowi yaitu PDIP, Golkar, PPP, NasDem, Hanura," kata Romahurmuziy (Rommy) kepada wartawan di kantor DPP PPP, Jl Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin (9/7/2018).

Kesepuluh nama itu menurut Rommy berlatar belakang politikus, cendekiawan, purnawirawan TNI/Polri, teknokrat dan profesional. Tapi Rommy tidak menyebut nama-nama cawapres yang sudah dikantongi Jokowi.

"Nama-nama tersebut pada saatnya akan kita bahas dan duduk bersama meskipun akhir-akhir ini ketum partai diminta untuk melakukan penilaian terhadap nama-nama itu. Saat ini kami masih terus mencermati nama-nama tersebut meminta masukan dari para ulama meminta pandangan dari dewan pimpinan wilayah untuk respons 10 nama itu bagi masyarakat untuk memudahkan PPP dalam untuk menyukseskannya nanti," papar Rommy.

Jokowi pada Sabtu (7/7) menegaskan sudah memiliki nama cawapres yang akan mendampingi di Pilpres 2019. Jokowi akan mengumumkannya pada waktu yang tepat.

"Pada saat yang tepat nanti akan kita umumkan. Tunggu. Ini kan tinggal nunggu berapa hari, masak nggak sabar," kata Jokowi di JIExpo Kemayoran, Jakpus.

Artinya, apakah nama cawapres tersebut sudah ada?

"Sudah ada, tinggal diumumin," jawab Jokowi.

 

Satu Nama

PDIP menyebut, Jokowi telah mengantungi 1 nama cawapres untuk Pilpres 2019 dan sedang membahasnya bersama para ketum pengusung, dimulai dari Mega.

"Kalau Pak Jokowi kayaknya sudah di 1 nama. Pak Jokowi-nya," kata Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan DPP PDIP Eva Kusuma Sundari soal cawapres Jokowi, Senin (9/7/2018).

"Kayaknya Pak Jokowi lagi roadshow ke koalisi-koalisi, positioning. Mulai Bu Mega, abis ini mungkin ngajak ketemu Golkar," imbuh dia.

Eva menyebut Jokowi telah membahas satu nama cawapres itu bersama Megawati. Tampaknya, sepandangan Eva, Mega tak mempermasalahkan nama itu, malah cenderung setuju.

"Kayaknya gitu kalau aku bacanya kemarin (bahas 1 nama cawapres). Bu Mega juga berkenan sama nama itu sehingga senyam senyum," ucap Eva.

"Kita serahkan ke Pak Jokowi. Memang Bu Mega kayaknya happy, ya diserahkan. Kalau nggak happy ngomongnya nggak gitu," tambah Eva. (det/rmo/tit)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>