PBB Dukung 01, 'Poros Makkah' Pilih 02

Jumat, 27 Januari 2019  18:08

PBB Dukung 01, 'Poros Makkah' Pilih 02

'Poros Makkah' deklarasi dukung Prabowo-Sandi

JAKARTA (BM) – Partai Bulan Bintang (PBB) resmi mendukung pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin untuk Pilpres 2019. Keputusan diambil melalui rapat pleno beberapa hari lalu. "Keputusan memberikan dukungan politik kepada Jokowi-Ma'ruf Amin bukanlah keputusan pribadi Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra, tetapi keputusan mayoritas Rapat Pleno DPP PBB tanggal 19 Januari 2019," kata Yusril dalam keterangannya, Minggu (27/1/2019).

Pernyataan Yusril menjawab pertanyaan soal puluhan caleg PBB yang mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Yusril mengatakan hasil rapat pleno 19 Januari lalu sudah dituangkan ke dalam surat keputusan DPP PBB. Pengambilan keputusan itu ditegaskan Yusril sah dan demokratis.

"Rapat pleno menugaskan kepada Ketua Majelis Syuro MS Kaban, Ketua Umum DPP Yusril Ihza Mahendra dan Ketua Mahkamah Partai Yasin Ardi untuk merumuskan kalimat-kalimat dukungan politis tersebut, yang hasilnya ditandatangani sebagai Keputusan Rapat Pleno yang ditandatangani oleh Wakil Ketua Umum PBB Eddy Wahyudin selaku pimpinan rapat pleno," jelas Yusril.

"Hasil rumusan yang dituangkan dalam Keputusan Rapat Pleno itu kemudian dituangkan lagi dalam Surat Keputusan DPP PBB yang ditandatangani oleh Ketum Yusril Ihza Mahendra dan Sekjen PBB Afriansyah Noor. Jadi proses pengambilan keputusan telah dilakukan secara demokratis dan sesuai dengan mekanisme partai sebagaimana diatur dalam AD dan ART PBB," sebutnya.

Lawyer capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin itu mengatakan, meski PBB telah memutuskan memberikan dukungan resmi kepada Jokowi-Ma'ruf, partai tetap menghargai dan menghormati apabila ada fungsionaris dan anggota partai yang berbeda pilihan dan dukungan, selain dari apa yang telah diputuskan. PBB juga meminta semua fungsionaris dan simpatisan partai menghormati perbedaan pendapat dalam partai, tidak boleh saling menyerang dan tetap menjaga ukhuwah islamiyah.

"Namun ekspresi dari pilihan dan dukungan itu dilakukan secara pribadi-pribadi dan tidak melibatkan institusi partai," ucap Yusril.

Soal caleg yang mendukung Prabowo-Sandi, Yusril tak mempermasalahkannya. Menurutnya, sikap resmi partai ditentukan dalam rapat resmi partai.

"Jumlah caleg PBB di DPR RI ada 497 orang. Sedangkan caleg PBB di seluruh provinsi dan kabupaten/kota ada sekitar 14.500 orang. Jadi caleg PBB seluruh Tanah Air ada sekitar 15.000 orang. Dari 80 orang caleg yang kemarin menyebut diri mereka sebagai 'caleg poros Mekah' yang mendukung Prabowo-Sandi itu, adalah terdiri atas caleg DPR RI, caleg provinsi dan juga caleg kabupaten/kota dari berbagai daerah. DPP PBB mengetahui persis jumlah para caleg itu dan mempunyai data lengkap tentang mereka," kata Yusril.

"Di Sumatera Utara misalnya, Dari 668 caleg yang ada, 23 orang deklarasi dukung Prabowo-Sandi. Di Sumbar dari 536 caleg yang ada, yang deklarasi 30 orang. Di DKI Jakarta ada 140 caleg, yang dukung Prabowo-Sandi ada sekitar 26 orang. Jadi mayoritas caleg ikut keputusan DPP PBB," tegas dia.

 

Poros Makkah

Sebelumnya, sejumlah calon Legislatif Partai Bulan Bintang (PBB) mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan calon Prabowo-Sandi. Caleg PBB ini tergabung dalam Gerakan Nasional Caleg PBB Poros Makkah.

Pantauan di Gedung DDII, Jakarta Pusat, hari Sabtu (26/1/2019), acara deklarasi ini dihadiri oleh 85 caleg gabungan DPD dan DPR RI. Dalam deklarasi, para Caleg ini bersama sama membubuhkan tanda tangan di spanduk Deklarasi Akbar Pendukung Hasil Ijtima Ulama.

"Ini deklarasi kita berbeda dengan deklarasi deklarasi sebelumnya karena kali ini ada kaitannya juga bahwa ada amanat khusus, ada kegelisahan, kekhawatiran, kecemasan di umat Islam," kata Ketua Steering Commitee Poros Makkah, Ahmad Yani saat memberi sambutan.

Ahmad mengungkap dukungan para calon legislatif ini disasari pada hasil Ijtima Ulama. Dirinya menjelaskan hasil tersebut menyatakan untuk memilih calon nomor 02, Prabowo-Sandi.

"PBB tetap dukung Prabowo-Sandi, kenapa harus mendukung? Karena bentuk ketaatan, kecintaan kita kepada para ulama, para ulama telah berkumpul dua kali, dan memutuskan melalui musyawarah," jelas Ahmad.

"Keputusan para alim ulama nyatakan bahwa dukungan ulama adalah kepada pasangan calon no 2 Prabowo-Sandi tidak bisa ditawar tawar lagi," sambungnya.

Berikut 4 poin deklarasi akbar dukungan terhadap Prabowo-Sandi oleh Caleg PBB:

1. Segenap Caleg PBB Poros Makkah menyatakan kesetiaan, ketaatan, dan kepatuhan terhadap komando Imam Besar Umat Islam Indonesia Yang Mulia Al-Habib Muhammad Rizieq Syihab dan oleh karenanya mendukung hasil Ijtima Ulama yang telah menetapkan Prabowo-Sandi sebagai Capres dan Cawapres pada Pilpres tahun 2019.

2. Segenap Caleg PBB Poros Makkah mengimbau dengan sangat kepada DPP PBB agar segera memberikan dukungan kepada Capres Cawapres Prabowo-Sandi pada Pilpres tahun 2019.

3. Segenap Caleg PBB Poros Makkah akan senantiasa berjuang seoptimal mungkin guna pemenangan Pileg PBB tahun 2019 bersama alim ulama dan umat islam sepanjang keputusan DPP PBB sejalan dengan hasil Ijtima Ulama.

4. Apabila hasil keputusan DPP PBB berdasarkan hasil rakornas ternyata bersebrangan dengan hasil Ijtima Ulama maka kami segenap Caleg PBB yang tergabung dalam Gerakan Nasional Caleg PBB Poros Makkah menyatakan kekecewaan yang mendalam kepada ketua umum DPP PBB Yusril Ihza Mahendra.               

 

BPN Tetap Yakin

Meski DPP Partai Bulan Bintang (PBB) resmi mendukung pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin untuk Pilpres 2019. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tetap yakin jagoan mereka akan didukung mayoritas kader PBB.

"Mungkin Pak Yusril dengan DPP-nya mendukung Pak Jokowi, tapi kami meyakini mayoritas pendukung PBB dan kader PBB insyaallah akan mendukung Pak Prabowo-Sandi," ujar jubir BPN, Andre Rosiade, Minggu (27/1/2019).

Meski demikian, Andre menghormati sikap DPP PBB mendukung Jokowi yang diputuskan melalui rapat pleno 19 Januari itu. Sekali lagi dia menegaskan keyakinannya bahwa kader PBB akan mendukung Prabowo-Sandi.

"Kami menghormati keputusan PBB yang mendukung Pak Jokowi silakan saja, tidak ada masalah, tapi kami meyakini mayoritas kader PBB maupun pendukung PBB tetap akan memilih Pak Prabowo dan Bang Sandi. Itu yang kami rasakan," sebut Andre.

"Karena mereka ini partai Islam, mereka sangat menghargai Ijtimak Ulama I dan II," tutur politikus Partai Gerindra itu. (det/rmo/tit)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>