Pekan Depan, Prabowo Buka Data Hitung Suara Internal

Rabu, 08 Mei 2019  20:03

Pekan Depan, Prabowo Buka Data Hitung Suara Internal

SURABAYA (BM) – Calon Presiden Nomor Urut 02, Prabowo Subianto menyatakan akan membuka data hitung suara yang dilakukan internal. Hal itu disampaikan Prabowo, setelah mendatangi Kantor DPP Partai Keadilan Sejahtera di jalan TB Simatupang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (8/5).

Saat diwawancarai wartawan, Prabowo tak menjelaskan maksud kedatangannya ke sana. Bersamaan dengan rintik hujan, ia hanya mengumbar senyum dan langsung masuk ke dalam gedung.

Ketua DPP PKS bidang Polhukam, Almuzzammil Yusuf mengatakan, pertemuan ini adalah untuk memaparkan hasil Pemilu 2019 oleh tim IT dari internal PKS. Pertemuan dipimpin Prof Sugianto, selaku ketua tim ahli.

"Siang hari ini, PKS menerima kedatangan tamu yang ingin silaturahmi yang dipimpin oleh Prof Sugianto. Beliau ahli IT, ahli statistik, yang ingin memberi masukan kepada tim IT Kami," katanya di lokasi.

Selain Prabowo, dia menyebut, ada juga Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais yang hadir dalam pertemuan itu. Sejumlah pimpinan PKS, ikut dalam pertemuan tersebut. Pertemuan berlangsung tertutup. Awak media tak diperkenankan melihat pertemuan itu.

"Selain mereka ingin memberikan masukan kepada kami, mereka akan memberikan informasi kepada tim IT kami, terkait dengan hasil pileg atau pilpres," katanya.

Dalam pertemuan tersebut, para pihak sepakat akan membeberkan hasil penghitungan suara Pilpres 2019.

Menurut Muzzammil, Prabowo, Sohibul dan sejumlah elite dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) mendengarkan presentasi dari pakar statistik Prof Soegianto Soelistiono mengenai penghitungan suara Pilpres 2019. Selain itu, Prabowo dan PKS juga sepakat akan membeberkan hasil penghitungan suara ke publik pada Senin (13/5).

"Kita ada kesepakatan, insyaallah akan ada ekspos dari tim IT yang ada di BPN. Insyaallah mengundang berbagai pakar sehingga insyaallah akan memberikan informasi yang konstruktif, yang positif, yang sahih beberapa hari ke depan untuk ada ekspos publik temuan dari BPN terhadap Situng dari KPU dan juga penghitungan internal," papar Muzzammil usai pertemuan.

Namun, Muzzammil tidak dapat memastikan apakah penghitungan suara yang dilakukan BPN dan PKS itu akan dijadikan dasar gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Dia hanya menegaskan berani menguji data penghitungan suara yang dilakukan PKS dengan KPU.

"Tentunya kalau ini disampaikan ke KPU, Bawaslu dan masyarakat, dan apa yang kita sampaikan terbukti kebenarannya tentu akan menjadi rujukan semua pihak karena pemilu luber, jurdil itu amanat konsitusi, rujukan semua pihak. Tinggal diuji aja nanti oleh KPU dan Bawaslu," ujar Muzzammil.

 

Bukan Soal Menang Kalah

Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno mengatakan, dibukanya hasil penghitungan internal bukan untuk semata-mata menunjukkan menang ataupun kalah. Tetapi, untuk memastikan Pemilu 2019 berlangsung jujur.

 “Ini bukan soal kalah menang,” katanya di Restoran Batik Kuring, Jakarta Selatan, Rabu (8/5).

 “Jadi bagaimana kita mengenang pemilu 17 April ini sebagai pemilu yang bisa dipastikan masyarakat mendapat pemilu yang jujur adil. Sekarang banyak sekali laporan tentang anomali, penyelewengan, penyimpangan, dugaan-dugaan, nah ini harus ditindaklanjuti,” sambung Sandi.

Namun demikian, ketika disinggung mengenai waktu pengumuman tersebut, Sandi mengaku bahwa pihaknya masih dalam tahap finalisasi atau menyelesaikan data yang ada.

 “Alhamdulillah sangat lengkap dan dalam beberapa hari ke depan kami akan ungkapkan data tersebut,” pungkasnya. (rmo/viv/tit)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>