2.361 Km Jalan Nasional Siap Dilalui Pemudik

Selasa, 18 Juni 2017  20:10

2.361 Km Jalan Nasional Siap Dilalui Pemudik

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, saat melakukan inspeksi mendadak ke Bandara Juanda Surabaya

SURABAYA (BM) - Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) VIII memastikan, seluruh jalan nasional yang ada di Jawa Timur (Jatim) siap untuk menampung mudik lebaran 2017. 
 
Kepala Bidang Preservasi dan Peralatan Jalan dan Jembatan I BBPJN VIII, Sofva Roslianjah mengatakan, seluruh lubang jalan saat ini sudah selesai ditambal. "Dari 2.361 KM panjang jalan nasional yang ada di Jatim, sudah tidak ada lubang, hanya tinggal sedikit gelombang itu hanya bekas penambalan," ujarnya.
 
Proses penambalan jalan saat ini juga telah dihentikan sejak H-14 lebaran. Seluruh alat berat juga telah dipinggirkan dari jalan agar tidak menggangu kelancaran angkutan lebaran. 
 
"Semua sudah kami hentikan, hanya tinggal beberapa titik saja karena permintaan dishub dan kepolisin yang saat ini masih jalan, tapi nanti H-7 lebaran semua dihentikan," kata dia.
 
Beberapa pengerjaan yang saat ini masih dilakukan, terutama adalah pengerjaan di beberapa jalan tol yang pada H-7 lebaran mulai dibuka untuk angkutan lebaran.
 
Sementara itu, meski akan menghentikan seluruh pengerjaan perbaikan jalan, namun sebanyak 24 posko juga telah didirikan untuk mengantisipasi jika ada kerusakan jalan baru. Posko lebaran ini akan dilengkapi alat berat, serta peralatan aspal dingin yang bisa digunakan langsung untuk melakukan penambalan jalan jika terjadi lubang jalan baru.
 
Sementara itu, Gubernur Jatim Soekarwo juga memastikan, jalur mudik telah siap untuk lebaran tahun ini. Pakde Karwo begitu akrab disapa juga memastikan ruas jalan sudah dalam kondisi normal. 
 
"Hanya satu di daerah Sawo, antara Trenggalek dengan Ponorogo. Selain itu, semua sudah bagus," ujar Pakde Karwo.
 
Diungkapkan, untuk membantu kelancaran arus mudik tahun ini, telah disiapkan bus sebanyak 777 armada. "Setelah kami cek, jalan tol Surabaya-Kertosono akan bisa digunakan satu lajur nanti. Kami juga siapkan 777 armada bus untuk arus mudik," terang Soekarwo.
 
Di tempat terpisah, Anggota Komisi V DPR RI  dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, melakukan inspeksi mendadak ke Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo. Menhub sempat berbincang dengan calon penumpang Tiba di Terminal I Juanda, rombongan komisi V DPR RI langsung mendatangi Posko Terpadu Angkutan Lebaran 1438 H, rombongan sempat berbincang-bincang dengan penumpang pesawat.
 
Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis menyatakan, Bandara Juada Surabaya di Sidoarjo masih berjalan dengan baik menjelang hari raya Idul Fitri. 
 
“Penambahan pesawat, kelancaran dan keamanan semua sudah terpadu dalam operasi mudik lebaran,” katanya. (nt/cls/udi)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>