5 Hari Dibuka, 500 Orang Ajukan Permohonan Lewat OSS

Senin, 05 Agustus 2018  08:14

5 Hari Dibuka, 500 Orang Ajukan Permohonan Lewat OSS

SIDOARJO (BM) – Berbagai upaya terus dilakukan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sidoarjo guna meningkatkan pelayanan Sabtu-Minggu di Suncity Mall Sidoarjo.

Kepala DPMPTSP Sidoarjo, Ari Suryono mengatakan, selain untuk melayani masyarakat yang belum sempat ke kantor DPMPTSP, pelayanan itu sekaligus sosialisasi program sistem Online Single Submission (OSS).

Ari menjelaskan, pelayanan perizinan berusaha ini sudah dibuka sejak Kamis lalu. Sementara, direncanakan berakhir pada Rabu depan. "Jika masih banyak yang membutuhkan, stand ini bakal kami perpanjang," jelasnya, Minggu (5/8).

Ia menyebutkan, dalam lima hari dibuka, terhitung sudah ada 500 orang yang memasukkan permohonan melalui sistem OSS. "Dari jumlah itu, mayoritas permohonan adalah proses perizinan lokasi, IMB dan izin lingkungan," rinci mantan Kabag Kerjasama Pemkab Sidoarjo itu.

Di stand layanan DPMPTSP tersebut, memang lebih difokuskan pada layanan terkuat OSS yang merupakan program baru. Diantaranya, Informasi tentang OSS, cara pengisian NIB (nomor induk berusaha), perubahan sistem layanan dari sebelumnya lewat Sippadu (sistem perizinan online Pemkab Sidoarjo) ke OSS yang terintegrasi secara nasional.

Lebih lanjut dijelaskan Ari, mayoritas warga yang datang ke stand ini adalah mereka yang butuh informasi terkait perubahan sistem perizinan tersebut. Mereka masih kebingungan dengan perubahan ini. "Mayoritas bertanya terkait itu, sambil mengurus NIB-nya," terangnya.

Seperti yang dilakukan oleh Andre, seorang pengusaha bidang perdagangan mesin. Dia memanfaatkan layanan di mall yang sedang berlangsung ini untuk mengurus perpanjangan izin usahanya itu. "Smua izin usaha sekarang harus lewat OSS yang terintegrasi secara nasional. Dari situ baru proses di tingkat daerah. Termasuk perpanjangan izin usaha," ujar Ari. (omu/udi)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>