Asesor SMK di Jatim Belum Ideal

Selasa, 27 Februari 2018  22:30

Asesor SMK di Jatim Belum Ideal
SURABAYA (BM) - Asesor untuk menyertifikasi siswa SMK di Jawa Timur (Jatim) dinilai belum ideal. Saat ini, hanya ada 3.000 asesor dari guru SMK. Padahal, siswa SMK yang membutuhkan sertifikat keahlian mencapai 700.000 siswa mulai dari kelas IX sampai kelas XII. Untuk menyiasati kekurangan itu, sertifikasi hanya dilakukan kepada siswa kelas XII.
 
Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim, Hudiyono menjelaskan, saat ini ada 3.000 asesor dari guru SMK. Jumlah ini dirasa kurang ideal karena jumlah siswa SMK yang membutuhkan sertifikasi mencapai 700.000 siswa. Sehingga saat ini upaya sertifikasi baru dilakukan pada siswa kelas XII.
 
"Memang biayanya besar untuk ikut pelatihan asesor, di Dindik Jatim tiap tahunnya ada pelatihan dengan dibiayai dinas. Tapi terbatas, tahun ini kami anggarkan untuk 250 guru produktif," katanya, Selasa (27/2).
 
Dengan jumlah asesor yang ada saat ini, di Jatim baru 15 persen atau 285 SMK dari 1.986 SMK yang memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) 1.  LSP 1 ini bisa mengeluarkan sertifikat kompetensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk siswanya sendiri. "Kalau LSP milik sekolah sendiri lebih efisien, karena tidak perlu menumpang lembaga lain," ungkapnya.
 
Saat ini terdapat 52 skema profesi di LSP 2 yang bisa mensertifikasi siswa dan umum, yaitu di Dindik Jatim dan 280 skema di LSP 1 atau sekolah. "Skema ini disesuaikan antara jurusan dengan kebutuhan pekerjaan di industri," jelasnya.
 
Pelatihan asesor, lanjut dia, sangat dibutuhkan karena Jatim juga mendorong pendidikan vokasi. Dengan daya saing  nomor 2 di Indonesia, kebutuhan sertifikasi siswa cukup tinggi. "Langkah responsif sudah diambil dengan adanya regulasi kompetensi. Sumber daya manusia juga jadi kunci, guru yang jumlahnya 250.000 harus memiliki sertifikasi sesuai instruksi presiden tahun 2016. Makanya butuh dukungan masyarakat juga untuk pelatihan mandiri guru," tandasnya. (sdp/udi)
 
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>