Berantas Sarang Nyamuk, Stikes RS Anwar Medika Gelar Baksos

Senin, 11 Februari 2019  14:44

Berantas Sarang Nyamuk, Stikes RS Anwar Medika Gelar Baksos
SIDOARJO (BM) - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) kembali menggelar bakti sosial (baksos) pencegahan menjalarnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Senin (11/2) pagi.  Kegiatan yang dikemas dalam bentuk pengabdian masyarakat kali ini, dipusatkan di Dusun Semawut RT 12/RW 04 Desa Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo.

"Baksos kali ini merupakan rangkaian dari kegiatan sebelumnya. Sebelumnya, kami juga adakan penyuluhan. Dalam waktu dekat juga akan dilakukan pembuatan kolam ikan," ujar Humas Stukes Anwar Medika, Elis Anita Farida, S.Kep.,Ners., MM.

Menurut dia, pengabdian masyarakat yang dilakukan lebih kepada upaya pencegahan. "Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat mengurangi jumlah angka kesakitan akibat demam berdarah sekaligus mencegah penyebarannya," kata wanita yang juga akrab disapa Elza.

Dijelaskan pula, kegiatan baksos dilakukan untuk mencegah penyakit DBD dan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di titik-titik atau daerah rawan DBD. Upaya pencegahan dinilai lebih efektif dibanding dengan cara fogging yang hanya dilakukan di tempat endemik.

Selain sejumlah mahasiswa DIII Teknologi Laboratorium Medik, kegiatan tersebut juga diikuti warga sekitar. Disamping itu, ikut pula mendampingi beberapa dosen dan karyawan di antaranya Yulianto Ade Prasetya, Acivrida Mega Charisma, Elis Anita Farida, dr Farida Anwari, Khoirun Nisyak, Eiomita, dan Ayunil Hisbiyah.

Kegiatan diawali dengan penanaman tanaman serai di pinggir jalan dan pekarangan rumah warga. "Tumbuhan ini dapat mengusir nyamuk penyebab DBD. Karenanya, juga diharapkan mencegah menjalarnya penyakit DBD di tengah masyarakat," jelas Elza.

Dipilihnya Dusun Semawut RT 12/RW 04 Desa Balongbendo sebagai lokasi baksos, lanjut dia, dikarenakan banyaknya warga setempat yang menderita DBD. "Yang dirawat di RS Anwar Medika saja, jumlahnya cukup banyak. Sampai-sampai harus dirawat di lorong-lorong rumah sakit karena ruang perawatan sudah tidak menampung," katanya.

Selain menanam serai, pengabdian masyarakat kali ini juga dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis. Untuk pembuatan kolam ikan, nantinya akan dibudidayakan jenis ikan yang juga dapat memberantas berkembangbiaknya nyamuk seperti ikan mas cupang dan nila merah.

Sejumlah warga ditemui terpisah mengaku senang dengan adanya pengabdian masyarakat tersebut. "Kami senang, karena menjadi tahu cara pencegahan penyakit DBD," ujar seorang warga di sela baksos yang diikutinya.

Warga lainnya juga berharap kegiatan serupa ke depannya bisa rutin dilakukan. "Tidak cuma berhenti sampai di sini. Tapi, terus berkelanjutan secara rutin. Harapan kami, nantinya warga juga bisa melakukan kegiatan serupa di rumah masing-masing," timpal warga lainnya. (udi)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>