Bersih-bersih Sampah di Pesisir Bulak, Gus Ipul Puji Risma

Selasa, 14 November 2017  21:58

Bersih-bersih Sampah di Pesisir Bulak, Gus Ipul Puji Risma
SURABAYA (BM) - Wakil Gubernur (Wagub) Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) memuji langkah Wali Kota Tri Rismaharini yang telah mampu menciptakan kebersihan pantai di Surabaya. Risma dianggap berhasil meningkatkan partisipasi masyarakat di Kecamatan Bulak untuk ikut menjaga lingkungan .

"Kami apresiasi Wali Kota Surabaya yang mampu mengajak warga untuk berperan aktif menciptakan pantai yang bersih. Dulu di sini bau, kotor. Tetapi sekarang indah, bersih dan nyaman," kata Gus Ipul saat mengikuti Gerakan Bersih Pantai di Pantai Surabaya, Selasa (14/11).

Gus Ipul berharap upaya Wali Kota Risma bisa dicontoh pemerintah daerah lain di Jawa Timur untuk menciptakan pantai yang bersih. "Ini salah satu contoh yang baik. Dengan pantai yany bersih akan banyak manfaatnya seperti kesehatan bagi warganya, ikan yang melimpah serta bisa mendatangkan wisatawan untuk berkunjung," ujar Gus Ipul.

Dalam kesempatan ini, Pembangkit Jawa Bali (PJB) yang ikut gerakan bersih pantai memberikan bantuan tempat menjemur ikan kepada kelompok nelayan Bulak. "Sebagai anak perusahaan PLN, kami juga tunjukkan komitmen sebagai perusahaan yang peduli dengan lingkungan dan berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan," kata Direktur Operasional 1 PJB Sugianto kepada Gus Ipul.

Acara itu juga diikuti Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup Karliansyah. Ia mengapresiasi upaya Pemerintah Jawa Timur yang berhasil mendorong kabupaten/kota lebih mencintai lingkungan dengan bukti semakin banyaknya daerah di Jawa Timur yang semakin bersih.

Sementara itu, Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kemen Lingkungan Hidup (PPKL-KLH) Dr. Karliansyah mengapresiasi kebersihan Pantai Kenjeran Surabaya. Menurutnya, kebersihan pesisir Pantai Kenjeran harus ditiru dan diimplementasikan oleh seluruh daerah lain di Indonesia. Kebersihan ini harus di tiru oleh daerah lain.

"Saya kagum ketika akan masuk di sepanjang jalan kenjeran tidak terlihat sampah ataupun bau menyengat. Kita patut malu, jika ada kota kecil namun tidak bisa menjadikan lingkungannya bersih, indah dan rapi. Jatim, khususnya Kota Surabaya harus menjadi inspirasi bagi daerah lain seluruh Indonesia,” tegasnya.

Karenanya dalam kesempatan ini, dirinya juga sengaja mengajak perwakilan dari 34 provinsi dan 178 kabupaten/kota datang ke Surabaya. "Kita bisa belajar di sini, pantai tapi tidak bau sampah. Surabaya yang kota besar bisa, saya kira kota lainnya di Indonesia harus lebih bisa lagi," ujarnya. (nt/era/udi)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>