BLK Sediakan 10 Kelas secara GRATIS
By: era
10 Mei 2019 10:42
 
 
SURABAYA (BM) - Memberikan pendidikan tambahan hingga mengantarkan untuk mendapatkan pekerjaan merupakan hal yang terindah. Karena itulah Balai Latihan Kerja (BLK) Surabaya (UPT Pelatihan Kerja Surabaya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Timur) menggelar Pelatihan Berbasis Kompetensi 2019 yang digelar di Dukuh Menanggal III/29 Surabaya.


Ada 10 kelas yang disediakan yaitu Teknik Otmotif, Teknik Las, Teknik Listrik, Bisnis Manajemen, Teknik Manufaktur, Teknologi Informasi, Teknik Elektronika, Teknik Pendingin, Pariwisata dan Teknik Otomasi. Dan semua pelatihan ini diikuti secara gratis alias tidak dipungut biaya sedikit pun.

"Jika ada peserta dari wilayah Surabaya dan Sidoarjo yang ingin gabung ikut pelatihan ke kita, boleh setelah Lebaran akan ada pendaftaran pelatihan berbasis kompetensi lagi. Kami perkirakan sekitar 10 kelas, sekaligus untuk uji kompetensinya. Nanti anak-anak juga akan diuji dan instrukturnya juga dari luar. Nanti sertifikatnya dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi," ungkap KepL Seksi Pelatihan dan Sertifikasi UPT Pelatihan Kerja Surabaya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Timur Silvia Indah Guma Daryanti, S.P, Jumat (10/5) di ruang kerjanya.

Lanjutnya, para siswa yang mengikuti pelatihan akan mendapatkan ATK, seragam, modul, makan siang, snack dan juga uang transport di akhir. Syarat untuk mengikuti pelatihan adalah usia minimal 17 tahun dan maksimal 35 tahun. Melampirkan fotocopy (FC) Ijazah terakhir, KTP dan KSK. Pas foto ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar.


"Tugas kami yaitu ingin mengantarkan mereka yang bisa mendapatkan pekerjaan," terang Silvia.


Salah satu pengajar, juga berbagi pengalamannya terkait menjadi instruktur di BLK UPT Pelatihan Kerja Surabaya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Timur

"Di sini ada 16 siswa per kelas. Kebanyakan mereka berasal dari Surabaya dan Sidoarjo. Jadwal pelatihan yaitu 5x dalam seminggu untuk Senin s.d kamis 9 jam. Untuk Jumat setengah hari," terang Asisten Instruktur Kejuruan IT/Design Grafis Ino Gutama Putra.

Sedangkan kurikulum yang diajarkan adalah seputar aplikasi, photoshop, in design, Corel Draw hingga teknik printing. (Era)

Create Account



Log In Your Account