Di Probolinggo, Bawaslu Jatim Ajak Mahasiswa Awasi Pemilu
Ketua Bawaslu Jatim ketika melakukan sosialisasi pada mahasiswa. (BM/Saifullah)
By: masip
8 Apr 2019 15:36
 
 
PROBOLINGGO (BM) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur mengajak masyarakat untuk proaktif dalam penyelenggaraan pemilu 2019. Bukan hanya menyukseskan pelaksanaan hari H pemungutan suara, Bawaslu juga mengajak masyarakat peduli pengawasan mulai dari sebelum, saat, maupun sesudah pencoblosan.
Di antara kelompok masyarakat yang diajak berpartisipasi tersebut adalah kalangan mahasiswa.
Ketua Bawaslu Jatim M Amin siap menerima segala laporan dari mahasiswa terkait pelanggaran selama pemilu.
Misalnya, adanya oknum yang memanfaatkan lembaga pendidikan untuk kampanye.
"Kalau kiranya ada pelanggaran yang ditemukan adik-adik (Mahasiswa), silahkan laporkan dan gunakan handphonenya untuk merekam dan itu nantinya akan di jadikan informasi awal," kata M Amin di acara Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu Tahun 2019 bagi Mahasiswa se-Kabupaten Probolinggo di Paiton Resort, Senin (8/04).
Lebih jauh Amin menjelaskan pelanggaran-pelanggaran pemilu itu, paling tidak bisa diminimalisir agar tidak seperti pelaksanaan pemilu-pemilu sebelumnya. Termasuk di hari H pelaksanaan pemungutan suara terkait adanya merubah hasil penghitungan dan lain sebagainya.
"Partisipasi mahasiswa dalam bentuk partisipatif itu sangat penting, khususnya organisasi mahasiswa yang telah berbadan hukum dan terdaftar di Bakesbangpol diharapkan turut serta sekaligus secara kelembagaan menjadi pemantau pemilu. Makanya kami membuka selebar-lebarnya kepada ormas, lembaga untuk berpartisipasi menjadi lembaga pemantau," pinta Amin.
Diakui Amin, pilihan mahasiswa dalam setiap kontestasi pemilu itu cenderung pilihan kualitas. Namun tingkat partisipasi pemilu masih kurang bahkan jauh dari harapan. "Makanya ini sengaja dilaksanakan bersama mahasiswa untuk ikut care terhadap pemilu," harapnya. (sip)

Create Account



Log In Your Account