Dinas Tenaga Kerja Jatim Himbau Perusahaan Terapkan SPI

Jumat, 01 Februari 2019  18:28

Dinas Tenaga Kerja Jatim Himbau Perusahaan Terapkan SPI
SURABAYA (BM) - Keselamatan dan Kenyamanan tenaga kerja di Jawa Timur mejadi perhatian utama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Timur. Karena itulah digelar acara penghargaan untuk mendukung perusahaan agar selalu peduli dengan karyawannya.
 
Jumat siang (1/2) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Timur menggelar acara bertajuk "Pembinaan K3 Kepada Bupati/Walikota, Penghargaan Zero Accident, Penerapan Sistem Managemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Serta Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV-AIDS (P2HIV-AIDS) di Tempat Kerja pada Perusahaan Periode Tahun 2018.
 
"Jika karyawan tidak memiliki BPJS maka kita akan minta pengusaha untuk bertanggung jawab. Kita  online dnegan Pengurus Unit Kerja (PUK) maka aka menerima laporan. Jadi ada banyak pengawas yang memantau beberapa perusahaan," ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja Jatim Dr Himawan Estu Bagijo, SH, MH selesai acara di Gedung Negara Grahadi Surabaya.
 
Lanjutnya, terkait acara ini merupakan kepatuhan perusahaan untuk melakukan managemen K3 untuk menghindari kecelakaan tenaga kerja. Karena hal tersebut ada manfaatnya. Pertama perusahaan tidak perlu repot mengurus kecelakan kerja. Kedua, BPJS Ketenagakerjaan juga bisa terus jalan, dan juga kesehatan kerja terjaga sehingga produksi juga terganggu.
 
"Upayanya yaitu seperti ada perlengkapan-perlengkapan yang harus dipakai. Perusahaan harus menerapkan sistem penerapan internal (SPI) yang tepat. Agar pekerja juga mematuhi aturan yang ada," lanjutnya
 
Di tahun 2019 ini, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Timur mendorong menurunkan HIV AIDS. Problem HIV AIDS sangat banyak karena lingkungan yang tidak sehat yang kadang hal itu bisa menimbulkan kesehatan kurang baik.
 
"Piring harus bersih, kemudian juga kamar mandi. Hal tersebut sebagian dari proses penjagaan. Dan itu tentunya juga menjadi penilaian bagi kita," terangnnya. (Era)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>