DPRD Minta Pemprov Selektif Jalankan APBD 2018

Senin, 13 November 2017  22:14

DPRD Minta Pemprov Selektif Jalankan APBD 2018
SURABAYA (BM) – Sejumlah fraksi di DPRD Jawa Timur (Jatim) meminta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) lebih selektif menjalankan program kerakyatannya. Pasalnya, tahun 2018 ini merupakan tahun politik atau berbarengan dengan pilkada Serentak 2018.

Wakil Ketua DPRD Jatim, Tjujuk Soenarjo mengatakan, tahun 2018 ini berbarengan dengan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018. Oleh karena itu, pihaknya meminta semua organisasi aparat daerah di lingkup Pemprov Jatim berhati-hati dalam membuat program. Jangan sampai program yang dimilikinya ditumpangi kepentingan politik.

”Namanya tahun politik, sehingga kami yang ada di dewan yang memiliki sifat kontroling meminta seluruh OPD di Pemprov Jatim agar berhati-hati dalam membuat program. Jangan sampai kepentingan politik dan agenda politik menumpangi program yang dimiliki mereka. Ini sangat berbahaya,” tegasnya.

Namun terlepas dari itu semua Tjujuk yang juga politisi asal Fraksi Gerindra ini, pihaknya optimistis anggaran dalam pelaksanaannya sesuai dengan rel yang ada. Jadi kemungkinan adanya penyelewengan sangat minim.

Sementara itu, anggota DPRD Jatim lainnya, M. Noer Soecipto mengatakan Pemprov Jatim lebih mencermati APBD 2018. Mengingat banyaknya pilkada yang dilaksanakan pada tahun depan sehingga kondusifitas dan stabilitas agak sedikit terganggu.

“Untuk itu kinerja anggaran pemprov agar berjalan semestinya sesuai dengan apa yang telah kita sepakati bersama, dan netral tidak menganggu situasi serta kondisi politik,” tuturnya.

Seperti diketahui, DPRD Jatim bersama dengan Pemprov Jatim akhirnya mengesahkan APBD Jatim 2018. Dengan rincian pendapatan sebesar Rp 29,24 triliun dan belanja Rp 30,762 triliun. Kendati demikian, legislatif tetap memberikan masukan yang bisa menjadi bekal pemprov tahun depan dalam melaksanakan tata kelola pemerintahan. (era/udi)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>