Eko Dijagokan Raih Emas Asian Games

Rabu, 07 Februari 2018  22:36

Eko Dijagokan Raih Emas Asian Games
SURABAYA (BM) – Cabor angkat besi Asian Games (AG) 2018 di Jakarta-Palembang, 18 Agustus – 2 September mendatang ditarget mampu meraih medali emas. Status sebagai tuan rumah dan prestasi yang diraih atlet olahraga otot ini sebelumnya diyakini mampu mewujudkan asa tersebut.
 
Menurut Pelatih Kepala Puslatda angkat besi KONI Jatim proyeksi PON Papua 2020, Jeffry Tagore, kalau terdapat dua atlet angkat besi Jatim di Asian Games (AG) yakni, Eko Yuli Irawan (62 kg) putra dan Acchedya Jagaddhita (58 kg) putri.
 
Khusus Eko (sapaan akrabnya) ditarget emas sejak awal. “Seharusnya mampu karena dari hasil komunikasi saya dengan bang Dirdja (Wihardja), manajer tim Pelatnas mengatakan persiapan Eko sejauh ini bagus”, katanya di gedung angkat besi, KONI Jatim.
 
Lanjut Jeffry, kemampuan Eko dan Acchedya akan diuji pada tes even AG yang digelar Kemenpora 11-12 Februari nanti di Jakarta dengan mengundang lima Negara. Dimana ajang ini sekaligus untuk menguji kesiapan tuan rumah. “Nanti saya akan hadir melihat kesiapan mereka,” sambungnya disela latihan.
 
Sementara itu, untuk seleksi AG sendiri merupakan hasil PON Jabar 2016. Meski Jatim meraih empat emas. Namun hanya keduanya yang dinilai mampu berprestasi di AG. “Karena di AG tidak ada kelas berat. Selain itu, khusus Eko sangat berpengalaman di Sea Games (SG) dan AG,” tuturnya.
 
Pada empat ajang SG sebelumnya, Eko konsisten meraih emas. Namun di SG Malaysia 2017 hanya meraih perak, disebabkan persiapan yang kurang matang. Kemudian di AG Korea hanya meraih perunggu. 
 
“Kans Eko meraih emas kali ini sangat besar. Karena selain persiapan yang lebih serius. Juga faktor tuan rumah, serta kompetitor terberat dari Afsel maupun Korut sudah dikenali. Apalagi lifter China (dan Kazakhstan) kena sanksi doping. Sehingga pesaing berkurang,” imbuhnya.
 
Soal motivasi, Jeffry mengatakan kalau tidak ada pesan motivasi terlalu tinggi buat Eko. Karena menurutnya Eko justru lebih sering memotivasi lifter yang lain, karena punya disiplin tinggi dan segala macamnya. “Namun saya berpesan, berikan yang terbaik untuk Jawa Timur dan Indonesia,” pungkasnya.
 
Secara terpisah, melalui Pesan Singkat WA, Eko mengatakan kalau peluang dirinya meraih emas 50:50, alasannya lawan tentu juga dipersiapkan maksimal. “Sebagai atlet pasti ingin emas. Yang penting doa dan dukungannya agar persiapan sampai pertandingan tidak ada hambatan dan cidera sehingga bisa maksimal,” pesannya. (adv/har)
 
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>