Gus Ipul Anjurkan Mahasiswa Luas Wawasan

Kamis, 10 Agustus 2017  22:45

Gus Ipul Anjurkan Mahasiswa Luas Wawasan

Wagub Jatim jadi pembicara di seminar nasionalisme di UNTAG Surabaya.

SURABAYA (BM) - Wakil Gubernur Jatim, Drs. H. Saifullah Yusuf, atau yang akrab disapa Gus Ipul mengatakan, rasa cinta tanah air dan nasionalisme bisa ditumbuhkan salah satunya melalui pendidikan. Untuk itu, keberadaan kampus atau perguruan tinggi menjadi salah satu instrumen penting menjaga rasa cinta tanah air dan menumbuhkembangkan semangat nasionalisme.

“Selain tempat menumbuhkan nasionalisme, beberapa survei mengatakan kampus juga menjadi tempat menyebarnya paham radikalisme. Untuk itu, yang perlu dilakukan adalah memperluas wawasan dan kesempatan mahasiswa untuk ikut dalam pendidikan kewarganegaraan yang ada dalam kampus, baik melalui kurikulumnya maupun kegiatan kemahasiswaan,” ungkap Gus Ipul di Plasa Proklamasi Universitas 17 Agustus Surabaya, Kamis (10/8).

Lebih lanjut ditegaskan, hal ini penting agar mahasiswa memiliki cara pandang terhadap Indonesia secara utuh, tidak sepotong-potong. Rasa nasionalisme dan cinta tanah air bisa diwujudkan dalam bentuk nyata seperti membantu orang lain dan peduli lingkungan. Pendidikan nasionalisme tak hanya tanggungjawab pemerintah, tapi juga pihak lain, salah satunya tokoh agama.

Ia mencontohkan, bagaimana ulama-ulama di Jatim memiliki moto cinta tanah air adalah bagian dari iman yang disebarluaskan melalui kegiatan keagamaan salah satunya lewat tempat ibadah.

“Selain itu, dalam proses pembangunan tidak bisa hanya dilakukan oleh satu pihak, tapi dibutuhkan kerjasama dan partisipasi semua pihak. Kita tidak bisa membangun bila ada ego sektoral, perlu partisipasi masyarakat. Dan memang diakui masih ada masyarakat yang harus dipaksa, tapi ada juga yang punya kesadaran,” kata orang nomor dua di Jatim ini. (era/udi)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>