Hari Pertama, Belum Ada Paslon Lakukan Pendaftaran

Senin, 08 Januari 2018  22:00

Hari Pertama, Belum Ada Paslon Lakukan Pendaftaran
SURABAYA (BM) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim menyatakan pada hari pertama belum ada Pasangan Calon (Paslon) Bakal Calon Gubernur (Bacagub) dan Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacawagub) Jatim yang mendaftar di KPU.

"Dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB ditutup tidak ada Paslon Bacagub dan Bacawagub dari parpol yang daftar. Kita akan buka kembali pada hari kedua, Selasa (9/1) dengan jam yang sama," tegas Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito, saat ditemui di lokasi pendaftaran KPU Jatim, Senin (8/1).

Ia juga menyampaikan, meski belum ada yang mendaftar di hari pertama. Namun pihak dari tim pemenang calon Bacagub Jatim dan Bacawagub, yaitu Khofifah-Emil, dan Saifullah Yusuf tadi sudah datang ke KPU Jatim menanyakan terkait masalah persyaratan calon dan hari pendaftaran.
 
"Tadi tim Khofifah-Emil sudah koordinasi dengan KPU bahwa akan mendaftar pada hari Rabu (10/1) sekitar pukul 09.00 WIB, dan untuk tim Saifullah Yusuf rencananya akan daftar pada hari kedua yaitu, Selasa (9/1)," ujarnya.

Menurut Eko, dalam proses pendaftaran ada persyaratan yang harus dipenuhi, yakni pencalonan yang lewat jalur partai politik harus didaftarkan oleh partai pengusungnya dan masing-masing sudah menentukan pasangan calon (calon gubernur dan calon wakil gubernur). “Untuk pasangan calon ini kaitannya dengan pendidikan, kesehatan dan pernah tersangkut pidana atau tidak  dan sebagainya,” ujarnya.

Dikatakan pula, persyaratan tersebut dinilai normatif, tak beda dengan pilgub sebelumnya. Namun, saat pendaftaran seluruh berkas harus dibawa, antara lain parpol pengusung, pendidikannya dan kelengkapan lainnya. “Saat pendaftaran, ketua partai, sekretaris dan pasangan calon juga harus hadir,” tuturnya.

Ketua KPU Jatim ini juga menyebutkan, pada akhir Januari akan dilakukan pemutahiran data pemilih Pilgub Jatim 2018. Proses pendataan dilakukan mulai di tingkat kelurahan dan desa seluruh kabupaten/kota.
 
Sementara itu, salah satu Tim pemenang Khofifah-Emil, Renvil Antonio yang datang ke KPU Jatim mengatakan, pasangan Khofifah-Emil akan mendaftar di hari ketiga yaitu pada tanggal (10/1). Dimana dalam pendaftaran tersebut akan langsung diantar oleh Ketua DPD Demokrat Jatim, Soekarwo.
 
"Jadi Pakde Karwo (Soekarwo) ingin mengantarkan secara langsung pasangan Khofifah-Emil mendaftar ke KPU Jatim," kata Sekretaris DPD Demokrat Jawa Timur, Renville Antonio, Senin (8/1).
 
Pasangan Khofifah-Emil dan para pendukungnya akan berangkat ke KPU Jatim dari Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Siwalankerto Surabaya. "Setelah prosesi khataman Qur'an selesai kami semua berangkat ke KPU," tambahnya. (kmf/dji/udi)
 
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>