Jelang Ramadhan, DPRD Jatim Dorong Pemrpov Jamin Stok Pangan

Senin, 08 April 2019  16:55

Jelang Ramadhan, DPRD Jatim Dorong Pemrpov Jamin Stok Pangan
SURABAYA (BM) – Menyambut Bulan Suci Ramadhan, anggota DPRD Jawa Timur menyiapkan beberapa langkah dan strategi untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok masyarakat di Jawa Timur.

Komisi B DPRD Jatim mendorong Pemprov untuk menjamin keamanan ketersediaan stok pangan di Jatim dalam menghadapi Ramadhan bulan depan. “Jangan ada kelangkaan bahan pokok dan jangan sampai ada harganya selangit,” jelas anggota Komisi B DPRD Jatim Noer Soetjipto di Surabaya.

Lanjut pria dari Partai Gerindra tersebut, ketika Ramadhan, kebutuhan masyarakat terhadap bahan pokok semakin meningkat. “Kami berharap operasi pasar digencarkan oleh Pemprov,” ungkap pria asal Trenggalek ini.

Operasi pasar, kata politisi yang bergelar professor ini merupakan salah satu upaya efektif dalam menekan harga-harga bahan pokok. “Kami juga berharap agar subsidi ongkos angkut untuk bahan pokok terus diberikan Pemprov Jatim kepada petani,” terangnya.

Tahun 2019, Perum Bulog menyiapkan anggaran yang besar untuk menyerap gabah dan beras petani,  dengan nilai anggaran mencapai Rp 10 triliun. Anggaran tersebut akan dikelola sesuai dengan peran Bulog, yaitu fungsi sebagai stabilisasi harga, penyediaan pasokan pangan dan lini bisnis.

Adapun saat ini Bulog telah mengerahkan seluruh Kantor Divisi Regional (Kadivre) untuk membeli gabah petani. Sebab, beberapa waktu lalu harga Gabah Kering Panen (GKP) anjlok di posisi Rp. 2.500-Rp. 3.000 per kg.

Adapun harga beli gabah sesuai Inpres Nomor 5 Tahun 2015 tentang Kebijakan Pengadaan Gabah/Beras dan Penyaluran Beras oleh Pemerintah, disebutkan untuk harga pembelian Gabah Kering Panen (GKP) dalam negeri dengan kadar air maksimum 25 persen dan kadar hampa maksimum 10 persen adalah Rp 3.700 per kg di petani, atau Rp 3.750 per kg di penggilingan.

Namun, pemerintah kemudian mengeluarkan kebijakan untuk menambah HPP sebesar 10 persen untuk masing-masing kondisi gabah. Dengan demikian, HPP GKP saat ini menjadi Rp 4.070 per kg, HPP GKG menjadi Rp 5.115 per kg dan beras Rp 8.030 per kg
Sementara itu, anggota DPRD Jatim juga menyoroti pembangunan apartemen Frontage yang tidak berjalan lancar. Komisi C DPRD Jawa Timur akan memanggil PT Jatim Graha Utama dan Biro Perekonomian Setdaprov Jatim untuk menyelesaikan mangkraknya pembanguan Apartemen Frontage. Mengingat konsumen apartmen menuntut uang yang telah dibayarkan minta dikembalikan.

Ketua Komisi C DPRD Jatim, Anik Maslachah mengatakan, komisinya mengagendakan memanggil JGU selaku pelaksana pembangunan Apartemen Frontage pada 22 April mendatang. Namun sebelumnya Komisi yang membidangi keuangan dan BUMD ini memanggil Biro Perekonomian pada 2 atau 4 April.

“Kita akan memanggil JGU 22 April, sebelumnya Komisi C memanggil Biro Perekonomian untuk menyelesaikan dengan JGU pada 2-4 april karena sebenarnya wewenang pemegang saham dalam hal ini Gubernur. Sementara biro perekonomian karena pembina BUMD.,” ujar Anik.

Politisi asal PKB itu menegaskan, dalam penyelesaian mangkraknya pembangunan apartemen Frontage ini, JGU harus ada komitmen secara tertulis di depan DPRD terkait kepastian waktu penyelesaiannya. Dewan menyebut penyelesaiannya ada dua opsi  yakni menyelesaikan bangunannya dalam kurun waktu yang ditentukan.Opsi kedua yakni mengembalikan uang konsumen yang totalnya Rp 1 triliun lebih karena mayoritas konsumen meminta uang kembali.

“Artinya wanprestasi atau tidak ada kepercayaan terhadap JGU.DPRD hanya sebagai fungsi pemerintahan untuk menfasilitasi masyarakat yang sekiranya sulit untuk clear, sehingga butuh mediasi. Maka kita akan undang JGU, Biro Prekenomian, PWU dan konsumen,” paparnya.

Menurut Anik, tidak hanya mengembalikan uang konsumen saja,  JGU juga berkewajiban mengembalikan uang  ke PWU karena tidak menempati janjinya diantaranya pembanyaran uang kontrak,  Rp 900 juta plus dendanya karena dikontraknya disebutkan kalau tidak bisa mengembalikan uang dalam kurun waktu tertentu akan kena denda. (adv/era)


OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>