Pakde Karwo Lantik Empat Pjs Bupati dan Walikota

Rabu, 14 Februari 2018  21:16

Pakde Karwo Lantik Empat Pjs Bupati dan Walikota
SURABAYA (BM) - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Soekarwo (Pakde Karwo) resmi mengukuhkan empat Penjabat Sementara (Pjs) sebagai bupati dan walikota di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (14/2).

Keempat PJS yang dikukuhkan yakni Kepala Dinas Perhubungan dan LLAJ Jatim, Wahid Wahyudi menjadi Pjs Walikota Malang, Kepala Badan Pengelolah Keuangan dan Aset Daerah Setda Prov Jatim, Jumadi menjadi Pjs Walikota Kediri, Kepala Dinas Kependudukan dan Transmigrasi Jatim, Setyadjit menjadi Pjs Bupati Jombang, dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim, Jarianto sebagai Pjs Bupati Tulungagung.

Dalam sambutannya, Gubernur Jatim Soekarwo mengatakan, Pjs selama empat bulan bertugas memimpin serta menjalankan roda pemerintahan di daerah. "Pjs wajib menjalankan urusan dan kewenangan kepala daerah yang sedang cuti tetapi tetap harus disetujui DPRD," kata Pakde.

Selain itu, Pjs bertugas memelihara dan menjaga ketentraman masyarakat, memfasilitasi pemilihan Bupati, Walikota dan Gubernur secara netral, dapat menandatagani peraturan daerah seijin Menteri Dalam Negeri.

Agar selama menjalankan tugas berjalan lancar, Pjs wajib berkomunikasi dengan tokoh masyarakat, ulama, serta Forkopimda. "Jangan banyak ngomong, bekerjalah dan laksanakan tugas dengan baik buatlah daerah yang ada pimpinan nanti menjadi tentram," tuturnya.

Pakde Karwo juga mengaku tidak akan segan-segan melaporkan, jika ada Pjs yang tidak bisa bekerja atau membuat kebijakan yang berdasarkan kepentingan pribadi. "Jika tidak bisa membuat daerah yang dipimpin menjadi kondusif maka akan saya laporkan Menteri Dalam Negeri," kata Pakde tegas. (era/udi)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>