Pemprov Jatim Minta Antrean Haji Dipercepat

Rabu, 09 Agustus 2017  21:20

Pemprov Jatim Minta Antrean Haji Dipercepat
SURABAYA (BM) – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur (Jatim),  Saifullah Yusuf, mengharapkan antrean calon jamaah haji bisa dipercepat menjadi 10 tahun dengan meminta tambahan kuota.

Harapan itu disampaikan wakil kepala daerah yang jua akrab disapa Gus Ipul itu, usai memberangkatkan calon jamaah haji (CJH)  kloter 39 sebanyak 445 orang berasal dari Kota Malang, dari Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Rabu (9/8).

Menurut dia, dengan adamnya penambahan kuota akan mmebuat  lamanya antrean turun secara signifikan sampai menjadi 10 tahun. “Selama ini, calon jamaah haji yang mendaftar masih harus menunggu selama 19 tahun,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, secara umum proses pemberangkatan calon jamaah haji lancar. Sudah 35 ribu lebih jamaah dari Jatim diberangkatkan melalui embarkasi Surabaya serta lebih baik dan lancar dari tahun kemarin.

Hingga kloter 38, sudah 16.458 jamaah, ditambah kloter 39 sebanyak 445 orang jamaah, sudah diberangkatkan dari embarkasi Surabaya menuju ke tanah suci, dan jamaah tertua usia 90 tahun sebanyak 12 orang, dan termuda usia 18 tahun.

Mengenai visa untuk gelombang satu beres semua tidak ada masalah, sedangkan untuk gelombang kedua visa akan datang dua hari lagi.  Mengingat cuaca di tanah suci 45 derajat dan naik turun, Gus Ipul meminta calon jamaah haji mengikuti petunjuk panitia haji, dengan banyak minum dan istirahat.

“Kalau waktunya istirahat ya istirahat, kalau waktunya ibadah ya ibadah sesuai dengan ketentuan dan syarakat rukun haji. Karena ibadah haji perlu stamina. Justru banyak yang sakit setelah menyelesaikan ibadah karena terlalu ngoyo,” kata Gus Ipul.

Dalam kesempatan itu Gus Ipul juga minta para jamaah tidak lupa untuk mendoakan masalah-masalah di sekitar daerah masing-masing bisa diatasi, supaya tetap aman dan nyaman. (era/udi)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>