Pengamat: Prabowo Menentukan Kemenangan Poros Emas

Kamis, 12 November 2017  22:02

Pengamat: Prabowo Menentukan Kemenangan Poros Emas
SURABAYA (BM) - Prabowo Effect bakal memberikan nuansa cukup berwarna pada pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgup) Jawa Timur 2018. Dengan catatan, Ketua Umum Partai Gerindra itu turun langsung untuk memenangkan pasangan yang diusungnya.

Analisa itu diungkapkan Eddy Marzuki, pengamat politik sekaligus dosen dari Universitas Yudharta Pasuruan. Dia menilai, Gerindra cukup serius mengonsolidasi Poros Emas, "Jika Prabowo mau turun ke Jatim saat kampanye maka suara pada Pilpres 2014 bisa menjadi kunci kemenangan Poros Emas" ungkap Edy saat dikonfirmasi, Minggu (12/11).

Atmosfir politik DKI sudah tentu berbeda dgn Jatim. Oleh karena itu, dibutuhkan penanganan dan strategi yang berbeda juga dalam pengaplikasiannya. "Jatim berbeda demografi politiknya dibanding DKI. Jika poros emas ingin menang tidak boleh hanya mengandalkan Prabowo. Suara Muhammadiyah yang biasanya solid juga harus dikonsolidasi," ungkapnya.

Hal ini senada dengan apa yang diungkap Sekretaris DPD Gerindra Jatim, Anwar Sadad. Menurutnya, faktor Probowo yang terbukti sukses meloloskan pasangan Anis-Sandi dalam Pilkada DKI lalu, sekali lagi diyakini akan menjadi kekuatan tersendiri bagi Poros Emas. "Hitungan saya 47 % suara Prabowo pada Pilpres 2014 akan tetap utuh, bahkan bisa jadi menguat dan bertambah. Sementara irisan suara Jokowi sebesar 53 % akan terbagi menjadi dua ke kubu GI dan kubu KIP," ungkap Sadad.

Ini mengindikasikan kekuatan mutlak dimiliki Poros Emas pada koalisi Jatim Emas yang semakin bulat menyatukan tekad. “Saya yakin betul Poros Emas akan mampu memanfaatkan celah terpecahnya irisan suara Jokowi dan mengisi lubang-lubang yang ada dengan keyakinan kemenangan Poros Emas,” imbuhnya.

Ketika disinggung tentang nama pasangan yang akan diusung, Sadad mengatakan, calon pasangan telah disiapkan dan menunggu kebulatan suara yang sedang dikonsolidasikan  secara intensif oleh ketiga partai pengusung poros emas, yaitu Gerindra–PAN–PKS.

“Tunggu saja, kami sedang menentukan waktu yang tepat untuk segera mengumumkan pasangan yang akan diusung poros emas,” katanya.

Sementara itu, nama Hasan Aminuddin disebut-sebut sempat mencuat bakal diusung Poros Emas. Menanggapi hal itu, H Hasan Aminuddin, anggota DPR RI Komisi VIII Fraksi Nasdem menyatakan, dalam berpolitik sebagai hal yang biasa, ada enak dan tidak enak.

“Saya sering menerima keputusan yang pahit. Tapi kalau diterima dengan ikhlas, pastilah akan berbuah yang baik juga. Jadi semua yang terjadi, kita lakukan mengalir saja sehingga tidak membuat situasi panas,”kata H Hasan Aminuddin. (sip/era/udi)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>