Penyusunan Jadwal Retensi Arsip SKPD Mulai dilalukan
Kearsipan
By: masip
20 Mar 2019 16:06
 
 
PROBOLINGGO (BM) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) menggelar rapat  penyusunan Jadwal Retensi Arsip (JRA) SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemkab Probolinggo, Senin (18/3/2019). Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang ada di lingkungan Pemkab Probolinggo.
 
Kepala Dispersip Kabupaten Probolinggo dr. Endang Astuti melalui Kepala Bidang Arsip Chrisna Wahyuningsih mengatakan Jadwal Retensi Arsip adalah daftar yang berisi sekurang-kurangnya jangka waktu penyimpanan atau retensi, jenis arsip dan keterangan yang berisi rekomendasi tentang penetapan suatu jenis arsip untuk dimusnahkan, dinilai kembali atau dipermanenkan yang dipergunakan sebagai pedoman penyusutan dan penyelamatan arsip.
 
“Musnah adalah keterangan yang menyatakan bahwa arsip dapat dimusnahkan karena jangka waktu penyimpanan telah selesai dan tidak memiliki nilai guna lagi. Permanen adalah keterangan yang menyatakan bahwa arsip memiliki nilai guna sekunder, wajib diserahkan kepada Arsip Nasional Republik Indonesia/lembaga kearsipan sesuai dengan lingkup kewenangan masing-masing. Dan dinilai kembali adalah keterangan yang menyatakan bahwa suatu jenis arsip belum dapat ditentukan nasib akhirnya apakah musnah atau permanen sehingga perlu dilakukan penilaian dan pengkajian lagi,” ungkapnya.
 
Menurut Chrisna, penyusunan JRA ini dimaksudkan untuk mengetahui jangka waktu simpan arsip dan sebagai pedoman penyusutan arsip SKPD di lingkungan Pemkab Probolinggo. “Tujuannya keseragaman dalam menentukan batas waktu simpan arsip sesuai ketentuan yang berlaku,” jelasnya.
 
Mengingat penyusunan JRA ini merupakan jalan untuk menentukan akhir dari proses pengelolaan dan penyimpanan arsip jelas Chrisna, maka perlu adanya kesiapan SKPD untuk secara aktif mengkomunikasikan kebenaran arsip-arsip yang akan disusun dalam JRA. Dalam hal ini Dispersip Kabupaten Probolinggo akan mendampingi dalam proses tersusunnya JRA sehingga pihaknya tidak lepas selalu konsultasi dan koordinasi dengan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur maupun Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).    
 
“Harapan kami dengan adanya kegiatan penyusunan JRA ini akan memberi semangat kepada seluruh SKPD untuk lebih giat dan tertib dalam mengelola arsip di wilayah kerja masing-masing, sehingga arsip dapat terkelola sesuai standart yang berlaku dan pada saatnya dapat dilaksanakan penilaian dan pemusnahan terhadap arsip yang sudah habis retensinya,” harapnya. (sip)

Create Account



Log In Your Account